Konsep karakter perspektif Hafiz Hasan Al-Mas’udi dalam Kitab Taysir al-Khallaq dan Relevansinya dengan Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqiyah, Afi (2023) Konsep karakter perspektif Hafiz Hasan Al-Mas’udi dalam Kitab Taysir al-Khallaq dan Relevansinya dengan Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afi Rizqiyah_D91219091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep karakter menurut Hafiz Hasan al-Mas’udi dalam kitab Taysir al-Khallaq. 2) Nilai-nilai karakter dalam Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. 3) Relevansi antara konsep karakter menurut Hafiz Hasan al-Mas’udi dalam kitab Taysir al-Khalla dengan Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui teknik studi dokumenter. Studi dokumenter diterapkan pada sumber data primer yakni kitab Taysir al-Khallaq karya Hafiz Hasan Al-Mas’udi, naskah Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dan buku yang menjabarkan nilai-nilai karakter yang disebutkan dalam pasal 2 ayat 1 Permendikbud ini untuk mengetahui konsep karakter dalam kitab Taysir al-Khallaq dan nilai-nilai karakter dalam Permendikbud No. 20 Tahun 2018. Yang kedua diterapkan pada sumber data sekunder yakni buku cetak, e-book, artikel jurnal, dan sumber referensi lain yang tersedia di internet yang memuat seputar pembahasan yang mendukung variabel utama penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis historis dan analisis tipologi.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Konsep karakter/akhlak yang dijelaskan Hafiz Hasan al-Mas’udi yaitu berupa 31 nilai karakter/akhlak yang secara garis besar terkelompokkan menjadi lima kategori, yakni akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap orang sekitar, sifat terpuji, dan sifat tercela. 2) Nilai-nilai karakter dalam Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal terdiri dari 18 nilai karakter yakni religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan dan nasionalisme, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqiyah, Afiafirizkiyah@gmail.comD91219091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Agama
Akhlak
Adab
Bahan Pustaka
Keywords: Konsep Karakter; Relevansi; Hafiz Hasan Al-Mas’udi; Taysir al-Khallaq; Permendikbud No. 20 Tahun 2018.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afi Rizqiyah
Date Deposited: 29 Apr 2023 10:26
Last Modified: 29 Apr 2023 10:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61771

Actions (login required)

View Item View Item