Pengaruh implementasi model contextual teaching and learning (ctl) terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran pai SMP Negeri 1 Senori Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulayya, Naila Sayyida (2023) Pengaruh implementasi model contextual teaching and learning (ctl) terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran pai SMP Negeri 1 Senori Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naila Sayyida Ulayya_D71219076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memperlihatkan hasil bahwa (1) Model Contextual Teaching and Learning (CTL) saat belajar Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Senori Tuban telah diimplementasikan dengan bagus, perihal ini bisa dilihat dari Rpp yang digunakan telah sesuai, kemudian hasil observasi dan angket penelitian yang menunjukkan bahwa pembelajarannya telah dilakukan dengan teknik melibatkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata atau sehari-hari. Penerapan pendekatan ini juga dibuktikan dengan adanya perolehan kuesioner implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) yakni sebesar 86,1%. (2) Minat belajar murid saat belajar Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Senori Tuban termasuk sangat baik. Hal itu peneliti lihat saat berlangsungnya Pendidikan Agama Islam siswa terlihat senang, lebih terpikat, rasa perhatian dan partisipasinya bertambah. Dan nilai yang didapat dari hasil angket minat belajar Pendidikan Agama Islam yaitu sebesar 86,3%. (3) dilihat nilai dari koefesien determinasi (R square) yakni sebesar 0,874. Dengan demikian, dapat diartikan contextual teaching and learning (CTL) mempunyai pengaruh pada minat belajar murid sebesar 87,4%. Apabila melihat intrepretasi koefisien yang ada, hal ini berada pada posisi 0,70-0,90 yang mempunyai arti pengaruh yang dihasilkan kuat. Kemudian, apabila dilihat atas hasil pendapatan signifikasinya 0,000 < 0,05 serta nilai dari Thitung 14,651 > ttabel 2,039513 yang artinya bahwasanya Ho ditolak serta Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulayya, Naila Sayyidanailasayyida03@gmail.comD71219076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Pendidikan Islam
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL); Minat Belajar Siswa; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naila Sayyida Ulayya
Date Deposited: 01 May 2023 13:58
Last Modified: 01 May 2023 13:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61776

Actions (login required)

View Item View Item