Implementasi program keputrian dalam meningkatkan religiusitas siswi SMA Negeri 10 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diana, Alfi Elma (2023) Implementasi program keputrian dalam meningkatkan religiusitas siswi SMA Negeri 10 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Elma Diana_D91219094 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program Keputrian merupakan program mingguan yang wajib bagi siswi dan dilaksanakan diluar jam pelajaran, tujuannya adalah untuk meningkatkan kondisi keagamaan siswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yaitu (1) Implementasi program keputrian dalam meningkatkan religiusitas siswi SMA Negeri 10 Surabaya. (2) hambatan dan dukungan Implementasi program keputrian di SMA Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul merupkan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Implementasi program keputrian di SMA Negeri 10 Surabaya merupakan kegiatan wajib bagi seluruh siswi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kondisi keagamaan siswi. Program keputrian dilaksanakan pada hari jum’at, diawali dengan absensi, kemudin kegiatan inti sesuai dengan jadwal, dan ditutup dengan doa. Metode yang digunakan adalah ceramah, sedangkan media yang digunakan adalah microfone dan pengeras suara serta smartphone masing-masing siswi. tidak ada evaluasi yang diberikan oleh pengurus program keputrian terhadap para siswi, namun ada beberapa cara untuk mengatasi kurangnya semangat, yang dialami oleh siswi, seperti melantunkan sholawat yang sedang viral secara bersama-sama hingga mendatangkan guesstar untuk menarik perhatian siswi. (2) Hambatan yang timbul dalam Implementasi program keputrian di SMA Negeri 10 Surabaya yaitu, Kegiatan berlangsung tidak tepat waktu, Kondisi aula yang kurang luas dan terbuka, dan Adanya siswi yang tidak fokus selama kegiatan berlangsung. Sedangkan dukungan yang timbul selama Implementasi program keputrian di SMA Negeri 10 yaitu, adanya Microfone dan Pengeras Suara, adanya Dukungan dari Guru-guru SMA Negeri 10 Surabaya, dan adanya fasilitas bagi pemateri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diana, Alfi Elmaelma.dyana28@gmail.comD91219094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Implementasi; Program Keputrian; Religiusitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfi Elma Diana
Date Deposited: 03 May 2023 05:20
Last Modified: 03 May 2023 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61779

Actions (login required)

View Item View Item