Peran kegiatan ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam (SKI) dalam pembentukan sikap moderasi beragama peserta didik di SMA Negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahwa, Feriska Achlikul (2023) Peran kegiatan ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam (SKI) dalam pembentukan sikap moderasi beragama peserta didik di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Feriska Achlikul Zahwa_D91219111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah-satu keanekaragaman yang dimiliki oleh Indonesia adalah Agama diyakini oleh masyarakat indonesia. Dalam hidup berdampingan ini diperlukannya sikap moderasi beragama yang sudah mulai terbentuk di lembaga pendidikan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dari rumusan masalah yang ada: 1. Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam SMA Negeri 2 Sidoarjo?, 2. Bagaimana pembentukan sikap moderasi beragama peserta didik di SMA Negeri 2 Sidoarjo?, dan 3. Bagaimqana peran ekstrakurikuler SKI dalam pembentukan sikap moderasi beragama peserta didik di SMA Negeri 2 Sidoarjo?. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian Kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu anggota dan pembina ektrakurikuler Sie Kerohanian Islam, dan kepala sekolah SMA Negeri 2 Sidoarjo. Dan sumber data sekunder yaitu arsip dokumen yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data adalah dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam adalah melalui kajian islam, peringatan hari besar keagamaan dan lain-lain. 2. Pembentukan sikap moderasi beragama yang dilakukan oleh SMA Negeri 2 Sidoarjo adalah melalui kegiatan pembelajaran, dan ekstrakurikuler atau kegiatan lain yang menunjang peserta didik. 3. Esktrakurikuler Sie Kerohanian Islam berperan sebagai fasililator dalam pembentukan sikap moderasi beragama peserta didik di SMA Negeri 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahwa, Feriska Achlikuleferischa14@gmail,comD91219111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Budaya - Agama
Toleransi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Ekstrakurikuler; sikap; moderasi beragama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feriska Achlikul Zahwa
Date Deposited: 05 May 2023 07:01
Last Modified: 05 May 2023 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61784

Actions (login required)

View Item View Item