ترجمة كتاب عقيدة العوام من اللغة العربية إلى اللغة العربية (دراسة نقد الترجمة)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumala, Shinta Nur (2023) ترجمة كتاب عقيدة العوام من اللغة العربية إلى اللغة العربية (دراسة نقد الترجمة). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SHINTA NUR KUMALA_A91219115.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji salah satu kitab terjemah Aqidah karya Syekh Sayyid Ahmad Marzuqi, yaitu terjemah kitab aqidatul awam dar segi semantik. Peneliti mengkaji makna terjemahan yang masuk dalam kategori ilmu kritik terjemah, salah satu studi pada terjemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekurangtepatan terjemah bait nadzam yang perlu diterjemah ulang dalam kitab terjemah aqidatul awam karya Syekh Sayyid Ahmad Marzuqi PT Darmalis Putra Indonesia. Sehingga menambah pengetahuan tentang teori terjemah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu data yang disajikan berupa kata, frase atau kalimat dan bukan berupa angka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab terjemah Aqidatul Awam karya Syekh Sayyid Ahmad Marzuqi PT Darmalis Putra Indonesia. Adapun dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode library research, yakni peneliti membaca terjemah kitab aqidatul awam karya Syekh Sayyid Ahmad Marzuqi pada 10 bait awal, 10 bait pertengahan, dan 10 bait akhir dari kitab. Peneliti menemukan 6 bait yang tidak memerlukan untuk penerjemahan ulang dan 24 bait yang memerlukan untuk penerjemahan ulang. Adapun unsur-unsur kekurangtepatan bahasa Arab ke bahasa Indonesia ditemukan; perubahan dlomir pada terjemah, kekurangtepatan tejemah bahasa Indonesia dan mufrodat bahasa Arab, kekurangtepatan makna, dan menambahkan takwil pada terjemah. Direkomendasikan untuk terjemahan ulang resmi oleh para ahli penerjemahan di bidang bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumala, Shinta Nursintanurkumala2@gmail.comA91219115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com2014038501
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Terjemah; kritik; aqidatul awam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Shinta Nur Kumala
Date Deposited: 05 May 2023 04:05
Last Modified: 05 May 2023 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61790

Actions (login required)

View Item View Item