Dampak proses pembangunan flyover terhadap sosial ekonomi masyarakat desa Jeruk Gamping Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Laili (2023) Dampak proses pembangunan flyover terhadap sosial ekonomi masyarakat desa Jeruk Gamping Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Nadhifah_I03219019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Topik kajian penelitian ini adalah mengenai sebuah proses pembangunan infrastruktur bidang transportasi di suatu daerah, lalu dalam penelitian ini melihat bagaimana suatu proses pembangunan Fly Over lalu menciptakan sebuah dampak pada masyarakat yang meliputi perubahan pada kondisi sosial dan kondisi ekonomi yang ditimbulkan akibat adanya proyek pembangunan Fly Over. Pembangunan tersebut merupakan sebuah program pemerintah yang terencana untuk mengatasi sebuah permasalahan seperti kemacetan. Lokasi dalam penelitian yang dilakukan ini adalah di Desa Jeruk Gamping dimana terjadi peristiwa pembangunan Fly Over sehingga menciptakan sebuah perubahan pada kehidupan masyarakat. metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan proses wawancara, observasi, hingga dokumentasi, lalu dikaji menggunakan pedoman pada teori salah satu teori modernisasi yakni teori masyarakat risiko. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ini, ditemukan (1) proses perubahan yang dialami oleh masyarakat meliputi informasi yang didapat seputar perubahan, lalu penggusuran kios kios yang sebelumnya ditempati oleh pedagang, dan juga perasaan kebingungan yang muncul akibat adanya informasi pembangunan yang tiba tiba (2) dalam proses yang terjadi menghasilkan bentuk perubahan diantaranya, perubahan pada kenyamanan tempat tinggal masyarakat, hilangnya kegiatan kerja bakti, memudarnya interaksi anak anak dengan teman sebaya, serta perubahan pada kemajuan usaha dan pendapatan yang diperoleh pedagang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Laililalnadhifah29@gmail.comI03219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Sosiologi
Keywords: Dampak pembangunan sosial; fly over
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Laili Nadhifah
Date Deposited: 03 May 2023 07:30
Last Modified: 03 May 2023 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61797

Actions (login required)

View Item View Item