Pengembangan karakter dan minat bakat di unit pelaksana teknis dinas kampung anak negeri Wonorejo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramli, Risma Oktaferina (2023) Pengembangan karakter dan minat bakat di unit pelaksana teknis dinas kampung anak negeri Wonorejo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Oktaferina Ramli_I93219098_OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses pengembangan karakter pada anak binaan di UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo Kota Surabaya. (2) Bagaimana pengembangan minat bakat anak binaan di UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendampingan dan pembinaan oleh UPTD Kampung Anak Negeri yang mampu memberikan perubahan dan pengembangan karakter pada anak-anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas pendamping, pembina, pelatih, dan anak binaan di UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo, Kota Surabaya. Teori yang digunakan dalam meninjau penelitian ini adalah teori Struktural Fungsional Talcot Parsons. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Pendamping dan pembina di UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo melaksakan program kegiatan harian untuk membantu proses pengembangan karakter anak binaan melalui KBM, pembiasaan ibadah yang semakin baik, sosialisasi dan pembinaan psikologis, Pendidikan karakter dengan penanaman moral, etika, nilai dan norma yang baik, serta pelatihan minat bakat, (2) Diketahui terdapat perubahan ataupun pengembangan karakter pada anak binaan, walaupun tidak sepenuhnya berubah, namun anak binaan memiliki tekad untuk berubah menjadi lebih baik dan membutuhkan waktu dalam proses perubahan tersebut seperti yang diinginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramli, Risma Oktaferinarismaoktaferina11@gmail.comI93219098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsito--2009025901
Subjects: Sosiologi
Keywords: Pengambangan Karakter; Minat dan Bakat; UPTD Kampung Anak Negeri
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: risma oktaferina ramli
Date Deposited: 02 May 2023 03:24
Last Modified: 02 May 2023 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61806

Actions (login required)

View Item View Item