النسبية اللغوية للنصوص السردية في الكتاب العربية للناشئين وتطبيقها في عملية التعليم (تحليل الكتاب المدرسي من وجهة فرضية سابير- وورف)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halim, Nur (2023) النسبية اللغوية للنصوص السردية في الكتاب العربية للناشئين وتطبيقها في عملية التعليم (تحليل الكتاب المدرسي من وجهة فرضية سابير- وورف). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Halim_F02619213.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini berfokus pada relativitas linguistik teks naratif dalam penerapan “Arabiyah lin nasyiin Part 2” dalam proses pendidikan. Analisis buku teks dari sudut pandang hipotesis Sapir-Worf. Inti dari hipotesis ini berkisar pada relativisme linguistik. Artinya pengaruh bahasa, budaya, dan pemikiran terhadap proses penerapan dan perumusan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Apa yang luar biasa tentang penelitian ini di sini adalah bahwa penulis buku dasar yang disebutkan di atas adalah seorang Arab (penutur alami bahasa). Dan hal ini mau tidak mau menyebabkan bocornya budayanya, pemikirannya dan karakter pribadinya yang berbeda antara satu orang dengan orang lain di Indonesia, dan tidak tertutup bagi kita bahwa relativitas unsur kebahasaan yang unsurnya terdiri dari fonemik atau fonologi dan struktur. , yaitu variasi bahasa Indonesia dalam bidang metode dan ungkapan budayanya, yang mengarah pada hasil penelitian yang hendak dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teks naratif buku “Arabiyah lin nasyiin Bagian 2” dalam bidang linguistik, budaya, dan intelektual. Penelitian dalam tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Datanya dikumpulkan dari dua buku “Arabiyah lin Nasyiin Part 2”, untuk siswa dan untuk guru melalui studi kepustakaan yang direpresentasikan dalam: Dokumen dari buku, terbitan berkala dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini melambangkan bahwa relativitas linguistik ada dalam bahasa fonetis, formal atau fungsional, struktural dan semantik, serta fokus pada metode ekspresif. Semua itu sangat dipengaruhi oleh entitas pengarang buku dan sifat linguistik dan budayanya. Ini melambangkan validitas dan validitas hipotesis Sapir-Worf. Akhirnya peneliti menyimpulkan dengan rekomendasi kepada sebagian besar guru yang menggunakan kitab bahasa arab untuk generasi muda di bidang pendidikan agar tidak tunduk pada kitab tersebut secara utuh apa adanya tanpa modifikasi. Melainkan buku tersebut memerlukan modifikasinya sesuai dengan adat dan budaya setempat serta memodifikasi nama-nama peran yang diberikan alat bantu pendidikan, baik gambar diam maupun gambar bergerak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halim, NurNurhalimuinsa@gmail.comF02619213
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorNu’man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Buku
Keywords: Relativitas linguistik; Arabiyah lin nasyiin; Hipotesis Sapir-Worf
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Halim
Date Deposited: 27 Apr 2023 00:41
Last Modified: 27 Apr 2023 00:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61810

Actions (login required)

View Item View Item