Implementasi algoritma probabilistic distance clustering untuk mengelompokkan kesalehan karyawan pada bidang perbankan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizal, Aldi (2023) Implementasi algoritma probabilistic distance clustering untuk mengelompokkan kesalehan karyawan pada bidang perbankan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldi Rizal_H92219039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Karyawan merupakan aset yang penting bagi suatu perusahaan. Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh berbagai hal yang mencakup banyak aspek, salah satunya adalah kesalehan. Kesalehan dapat memengaruhi pola pikir dan tindakan seseorang dalam melakukan pekerjaan, terlebih lagi pada dunia perbankan yang pekerjaannya berhubungan dengan keuangan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengelompokkan kesalehan karyawan di dunia perbankan dengan menggunakan metode Probabilistic Distance Clustering (PDC) dan evaluasi cluster dengan menggunakan silhouette coefficient. Data kualitas kesalehan karyawan diperoleh dari hasil kuisioner dataset jurnal di lingkungan bank dengan total data sebanyak 500 karyawan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua cluster dengan menguji nilai k = 2, 3, 4, dan 5 diperoleh nilai silhouette coefficient terbaiknya pada nilai k = 2 yang berarti cluster optimal dari tingkat kesalaehan dikelompokkan menjadi 2 yaitu tidak saleh dan saleh. Kelompok cluster 1 merupakan kelompok karyawan tidak saleh dan cluster 2 merupakan kelompok karyawan saleh dengan nilai evaluasi cluster terbaiknya pada silhouette coefficient sebesar 0,5061.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizal, Aldialdirizal480@gmail.comH92219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.id2024118502
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@uinsby.ac.id2004028001
Subjects: Matematika
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Probabilistic Distance Clustering; Clustering; Kesalehan; Staf Perbankan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Aldi Rizal
Date Deposited: 02 May 2023 03:42
Last Modified: 02 May 2023 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61811

Actions (login required)

View Item View Item