التحليل التقابلي بين اللغة الإندونيسية واللغة العربية فى النعت والإضافة وفوائده لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahbubah, Syiva Istianatul (2023) التحليل التقابلي بين اللغة الإندونيسية واللغة العربية فى النعت والإضافة وفوائده لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syiva Istianatul Mahbubah_D02219027 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan kesepakatan para ahli bahasa bahwa persamaan antara bahasa pertama dan bahasa kedua dapat menjadi salah satu sebab adanya kemudahan dalam mempelajari bahasa dan perbedaan diantara kedua bahasa tersebut yang dapat menjadi salah satu sebab timbulnya kesulitan dalam mempelajari bahasa maka penelitian ini membahas tentang analisis kontrastif antara bahasa indonesia dan bahasa arab mengenai na’at dan idhofah serta manfaatnya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII MTsN 3 Sidoarjo. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas VIII MTsN 3 Sidoarjo, 2) untuk mengetahui bentuk-bentuk persamaan dan perbedaan na’at dalam bahasa indonesia dan bahasa arab, 3) untuk mengetahui bentuk-bentuk persamaan dan perbedaan idhofah dalam bahasa indonesia dan bahasa arab, 4) untuk mengetahui manfaat hasil analisis kontrastif antara bahasa indonesia dan bahasa arab mengenai na’at dan idhofah terhadap keterampilan menulis siswa kelas VIII MTsN 3 Sidoarjo.Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi dengan sampel penelitian berasal dari siswa kelas 8G MTsN 3 Sidoarjo yang berjumlah 31 siswa.Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa macam kesalahan siswa dalam penulisan na’at dan idhofah, dan ditemukan 2 persamaan dan 2 perbedaan dalam na’at dalam bahasa indonesia dan bahasa arab, dan 3 persamaan serta 11 perbedaan mengenai idhofah dalam bahasa indonesia dan bahasa arab. Serta ada manfaat dari penerapan hasil analisis kontrastif ini, ditemukan bahwa persentase skor post test mengenai na’at dan idhofah lebih besar dibandingkan persentase dalam pre test. Adapun persentase pada post test mengenai na’at mencapai 56,45 % dari persentase pre test mencapai 37,42 % dan persentase post test mengenai idhofah mencapai 56,13 % dari persentase pre test mencapai 33,87 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahbubah, Syiva Istianatulsyifagresik706@gmail.comD02219027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Menulis
Minat Siswa
Keywords: Analisis Kontrastif; Na’at, Idhofah; Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syiva Istianatul Mahbubah
Date Deposited: 03 May 2023 00:50
Last Modified: 03 May 2023 00:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61812

Actions (login required)

View Item View Item