Doktrin messianisme dalam pemahaman jamaah khususiyyah tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di dusun Bakung desa Ngambeg kecamatan Pucuk kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nursa'idah, Nursa'idah (2023) Doktrin messianisme dalam pemahaman jamaah khususiyyah tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di dusun Bakung desa Ngambeg kecamatan Pucuk kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nursa'idah_E97219084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Messianisme merupakan doktrin yang seringkali muncul dalam sebuah kelompok pada saat kondisi yang tidak menyenangkan atau tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan makna messianisme dalam skripsi ini adalah harapan murid agar diberikan keselamatan melalui sang guru mursyid. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan khususiyyah di dusun Bakung desa Ngambeg kecamatan Pucuk kabupaten Lamongan ? 2) Bagaimana pandangan jamaah khususiyyah dusun Bakung desa Ngambeg kecamatan Pucuk kabupaten Lamongan mengenai doktrin messianisme? Tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan khususiyyah di dusun Bakung desa Ngambeg kecamatan Pucuk kabupaten Lamongan serta untuk mengetahui pandangan jamaah khususiyyah dusun Bakung mengenai doktrin messianisme. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya terdiri dari primer dan sekunder. Sumber primer seluruhnya berasal dari jamaah khususiyyah dusun Bakung berjumlah sembilan orang. Sedangkan sumber sekunder berasal dari satu imam khususiyyah dan karya-karya yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jamaah khususiyyah memandang bahwa mursyid mampu menjadi juru selamat baik di dunia maupun di akhirat bukan hanya untuk muridnya saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nursa'idah, Nursa'idahnsaidah206@gmail.comE97219084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@gmail.com2019107701
Subjects: Akhirat > Hari Kiyamat
Akhirat
Islam
Keywords: Messianisme; khususiyyah; TQN
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nur Sa'idah
Date Deposited: 06 May 2023 01:55
Last Modified: 06 May 2023 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61834

Actions (login required)

View Item View Item