Eksperimentasi model pembelajaran scramble terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Arum Nur (2023) Eksperimentasi model pembelajaran scramble terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arum Nur Aisyah_D97219065_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena masih ditemukan siswa yang tidak berminat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo sebelum diberikan perlakuan. 2) Untuk mengetahui minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo sesudah diberikan perlakuan. 3) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen The Nonequivalent Pre-test-Post-test-Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil pre-test kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 51,28 dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 55,52. Hasil uji t’ diperoleh nilai signifikansi 0,110 > 0,05 maka H0 diterima artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata minat belajar matematika antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble dengan kelompok siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble. 2) Hasil post-test kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 50,76 dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 57,08. Hasil uji t’ diperoleh nilai signifikansi 0,006 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan rata-rata minat belajar matematika antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble dengan kelompok siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble. 3) Setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Scramble, minat belajar matematika siswa kelas eksperimen meningkat. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan minat belajar matematika siswa mencapai 0,0167 dengan kategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Arum Nurarumnuraisyah8@gmail.comD97219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Matematika
Minat Siswa
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Minat Belajar; Matematika; Model Pembelajaran Scramble.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arum Nur Aisyah
Date Deposited: 03 May 2023 05:53
Last Modified: 03 May 2023 05:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61846

Actions (login required)

View Item View Item