Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo melalui model project based learning

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Della Puspita (2023) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo melalui model project based learning. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Della Puspita Sari_D97219069_Ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo, hal ini dibuktikan dengan ketidakmampuan siswa dalam menjelaskan cara mereka menyelesaikan sebuah permasalahan. Oleh karena itu, dibutuhkan variasi dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satunya adalah model project based learning yang menuntut pembelajaran berpusat kepada siswa. Sehingga, peneliti meneliti terkait peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mengetahui kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo sebelum diberikan perlakuan, 2)mengetahui kemampuan berpikir kritis padapembelajaran matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo setelah diberikan perlakuan, 3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo setelah diterapkan model project based learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent pre-test- postest control group design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Kemampuan awal berpikir kritis siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan tidak jauh berbeda. Berdasarkan uji Mann Whitney U data pre-test kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi 0,58 > 0,05. Berdasarkan hasil uji T data pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi 0,815 > 0,05, artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning dengan kelompok siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning. 2)Kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan memiliki perbedaan. Berdasarkan uji Mann Whitney U data post-test kelas kontrol dan eskperimen diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning dengan kelompok siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning. 3)Setelah diberikan perlakuan berupa model project based learning, kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen meningkat. Berdasarkan hasil uji N-gain diperoleh skor rata-rata sebesar 3,60 berada pada kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Della Puspitapuspitadella8463@gmail.comD97219069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskum@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model Project Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Della Puspita Sari
Date Deposited: 03 May 2023 07:38
Last Modified: 03 May 2023 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61848

Actions (login required)

View Item View Item