Implementasi program keagamaan sebagai upaya pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftahul (2023) Implementasi program keagamaan sebagai upaya pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul Jannah_D91219124_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program keagamaan merupakan kumpulan kegiatan yang diselenggarakan sekolah yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam, khususnya dalam pengembangan karakter religius siswa. Karakter religius adalah kesadaran diri terhadap ajaran agama yang dianut, yang menimbulkan perbedaan antara sikap dan perilaku dengan orang lain. Penelitian deskriptif kualitatif menjadi fokus penelitian ini. Metode pemilahan informasi yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu waka kurikulum, pengasuh asrama, guru, pembina asrama, dan peserta didik program keagamaan di MAN 4 Jombang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program keagamaan terdiri dari: Tahfidzul Qur`an, Tahfidzhul Hadits, Kajian Kitab Kuning, Shalat Fardhu Berjamaah, Takhassus Diniyah, Mudzakaroh Al-Durus, Pembinaan Imam Shalat, Pembinaan Khatib Jum`at, Diklat Risalatul Mahidl, Diklat Tajhizul Janaiz, Diklat Falak, Diklat Mawaris, Pengabdian Santri Kelas XII dan kegiatan rutin seperti Tahlilan dan lain-lain. 2) Implementasi program keagamaan ini dilakukan berulang kali setiap hari, diawali dari sholat malam berjamaah dan berlanjut sepanjang hari. 3) Karakter religius peserta didik program keagamaan di MAN 4 Jombang mengalami pembentukan karakter religius yang sangat penting sejak mereka mengikuti program keagamaan dengan baik disini. 4) Karakter religius berhasil dibentuk melalui pelaksanaan program keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Miftahuljjjjmiftahul841@gmail.comD91219124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Implementasi; Program Keagamaan; Karakter Religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 03 May 2023 12:33
Last Modified: 03 May 2023 12:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61853

Actions (login required)

View Item View Item