Pengaruh struktur modal syariah, struktur pembiayaan syariah, good corporate governance, terhadap kinerja keuangan melalui risiko perbankan syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Zakiyyah Ilma (2023) Pengaruh struktur modal syariah, struktur pembiayaan syariah, good corporate governance, terhadap kinerja keuangan melalui risiko perbankan syariah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyyah Ilma Ahmad _02040321043 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pengaruh struktur modal syariah, struktur pembiayaan syariah, good corporate governance terhadap kinerja keuangan melalui risiko perbankan syariah. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh secara tidak langsung struktur modal syariah, struktur pembiayaan syariah, good corporate governance terhadap kinerja keuangan melalui risiko perbankan syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis deskripsi kuantitatif explanatory research. Populasi dalam penelitian ini terdapat 15 dengan Sampel 9 perbankan syariah menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik purposive sampling melalui data laporan keuangan perbankan syariah. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Partial Least Square melalui aplikasi Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Struktur Modal Syariah memiliki pengaruh langsung secara negatif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan, (2) Struktur Pembiayaan Syariah memiliki pengaruh langsung secara negatif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan, (3) Good Corporate Governance tidak memiliki pengaruh lansung secara negatif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan, (4) Struktur Modal Syariah tidak memiliki pengaruh langsung secara positif dan tidak sigifikan terhadap Risiko Perbankan Syariah, (5) Struktur Pembiayaan Syariah memiliki pengaruh langsung secara negatif dan signifikan terhadap Risiko Perbankan Syariah, (6) Good Corporate Governance memiliki pengaruh langsung secara negatif dan signifikan terhadap Risiko Perbankan Syariah, (7) Risiko Perbankan Syariah memiliki pengaruh langsung secara negatif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan, (8) Risiko Perbankan Syariah tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap hubungan secara tidak langsung dalam memediasi hubungan antara Struktur Modal Syariah terhadap Kinerja Keuangan, (9) Risiko Perbankan Syariah memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap hubungan secara tidak langsung dalam memediasi hubungan antara Struktur Pembiayaan Syariah terhadap Kinerja Keuangan dan (10) Risiko Perbankan Syariah memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap hubungan secara tidak langsung dalam memediasi hubungan antara Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan. Saran peneliti, (1) pengoptimalan perbankan syariah dalam penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan, (2) pengoptimalan manajemen risiko perbankan syariah dengan menganalisis faktor mempengaruhi penurunan kinerja melalui 10 jenis risiko dan (3) peneliti selanjutnya menganalisis variabel intervening lainnya yang dapat memediasi hubungan antara struktur modal syariah terhadap kinerja keuangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Zakiyyah Ilma02040321043@student.uinsby.ac.id02040321043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id197507032007012020
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Struktur modal syariah; struktur pembiayaan syariah; good corporate governance; risiko perbankan syariah; kinerja keuangan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2023 08:46
Last Modified: 26 Apr 2023 08:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61854

Actions (login required)

View Item View Item