Manajemen pembinaan ekstrakurikuler dalam membina siswa berprestasi di MIN 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Rizal (2023) Manajemen pembinaan ekstrakurikuler dalam membina siswa berprestasi di MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizal Hadi_D93217072.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab fokus penelitian mengenai perencanaan pembinaan ekstrakurikuler dalam membina siswa berprestasi, pengimplementasian program pembinaan ekstrakurikuler pada siswa berprestasi dan evaluasi pembinaan ekstrakurikuler di MIN 2 Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model penelitian Miles dan Huberman dalam analisis dan interpretasi data serta teknik triangulasi sumber dalam menguji keabsahan data dalam penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan pembinaan ekstrakurikuler di MIN 2 Kota Surabaya telah menerapkan perencanaan dengan baik dengan indikator perencanaan yang dilakukan sesuai dengan tujuan pembinaan ekstrakurikuler. Perencanaan program pembinaan ekstrakurikuler disusun secara sistematis mulai dari penentuan jenis ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan madrasah, kemudian menentukan penanggung jawab, metode dan jadwal kegiatan ekstrakurikuler serta anggaran/biaya dengan melibatkan berbagai pihak untuk kemudian dijadikan pedoman dalam kegiatan ekstrakurikuler. (2) Implementasi pembinaan ekstrakurikuler pada siswa berprestasi di MIN 2 Kota surabaya dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan ekstrakurikuler sesuai dengan jadwal yang direncanakan, pengelompokan siswa disesuaikan dengan minat dan bakat, pembina dipilih berdasarkan kompetensi yang sesuai dengan jenis ekstrakurikuler yang diampu, pembinaan ekstrakurikuer menggunakan metode yang sesuai, memberi penghargaan kepada siswa berprestasi serta menjalin kerjasama dengan mitra. (3) Evaluasi pembinaan ekstrakurikuler di MIN 2 Kota surabaya sudah baik. Evaluasi dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Bentuk evaluasi yang dilakukan di MIN 2 Kota Surabaya dilihat dari pengukurannya madrasah menggunakan jenis evaluasi dalam bentuk tes dan non tes. Dengan adanya pembinaan ekstrakurikuler di MIN 2 Kota Surabaya, siswa dapat mengetahui minat dan bakatnya serta dapat terus mengasah kemampuannya untuk mencapai prestasi. Prestasi yang diraih berdampak baik untuk madrasah, dimana dari prestasi hasil pembinaan ekstrakurikuler madrasah semakin dikenal masyarakat luas dan menciptakan citra madrasah yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Rizalrizalhadi1999@gmail.comD93217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Manajemen
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Siswa Berprestasi; Manajemen Pembinaan Ekstrakurikuler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizal Hadi
Date Deposited: 03 May 2023 14:12
Last Modified: 03 May 2023 14:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61861

Actions (login required)

View Item View Item