Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Sparkol terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di UPT SMP Negeri 10 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidah, Hefi Nur (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Sparkol terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di UPT SMP Negeri 10 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hefi Nur Afidah_D91219115_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di UPT SMP Negeri 10 Gresik. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol pada mata pelajaran PAI kelas IX di UPT SMP Negeri 10 Gresik? (2) Bagaimana minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI di UPT SMP Negeri 10 Gresik? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di UPT SMP Negeri 10 Gresik?.Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IX UPT SMP Negeri 10 Gresik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis uji t-test dengan teknik Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol mendapat hasil 82,6% berada dalam kriteria 75%-100% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” (2) Minat belajar siswa mendapat hasil dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni 78,5% dan 66,4% hal ini termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan “Baik”, bisa dilihat dari kriteria 75% - 100% dan 50% - 74% (3) Pengaruh penggunaan media pembelajarn berbasis sparkol terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran pai kelas IX di UPT SMP Negeri 10 Gresik dengan menggunakan Teknik Independent Sample T-Test didapatkan nilai (7,374 > 2,000) dan signifikansi < 0,05 (0,364 > 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan meda pembelajaran berbasis sparkol terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX di UPT SMP Negeri 10 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidah, Hefi Nurhefinf13@gmail.comD91219115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Ahmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Minat Siswa
Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Sparkol; Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hefi Nur Afidah
Date Deposited: 03 May 2023 15:18
Last Modified: 03 May 2023 15:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61866

Actions (login required)

View Item View Item