Implementasi Cambridge Curriculum pada Pembelajaran Siswa di Minu Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hariyanti, Eka Dwi (2016) Implementasi Cambridge Curriculum pada Pembelajaran Siswa di Minu Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada era globalisasi saat ini adalah merupakan era persaingan yang kompetitif, untuk dapat bersaing dan meraih sukses salah satunya dengan mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Salah satu hal yang bertanggung jawab atas hal itu adalah pendidikan, kurikulum sebagai alat dalam pendidikan berfungsi untuk membina dan mengembangkan siswa menjadi manusia berilmu, bermoral, mandiri, dan kreatif. Rumusan masalah dari penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana penerapan cambridge curriculum pada pembelajaran siswa di MINU Pucang Sidoarjo. (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat diterapkannya cambridge curriculum pada pembelajaran siswa di MINU Pucang Sidoarjo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi kurikulum internasional yakni kurikulum cambridge, untuk mengetahui konsep kurikulum cambridge dan wujud dari konsep tersebut yaitu penerapan kurikulum cambridge serta untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam penerapan kurikulum cambridge di MINU Pucang Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan metode trianggulasi sumber.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Bentuk penerapan kurikulum cambridge di MINU Pucang Sidoarjo yakni dengan mewajibkan semua siswa-siswinya untuk memiliki sertifikat cambridge minimal satu bidang studi dengan cara mengikuti ujian sertifikasi cambridge.bentuk penerapannya dilaksanakan pada jam intrakurikurer sekolah, selain itu juga diadakan pembinaan satu kali dalam seminggu untuk satu subject atau satu mata pelajaran serta pembinaan intensif yang dilakukan selama dua hari menjelang ujian sertifikasi cambridge. (2) Faktor penghambat dan pendukung dari adanya implementasi kurikulum cambridge pada pembelajaran siswa dari hasil menunjukkan pembinaan dan pendampingan yang dilakukan oleh pihak sekolah yaitu kepala sekolah dan dewan guru kepada para siswanya melalui penerapan kurikulum cambridge pada pembelajaran siswa, agar siswa semakin menunjukkan jati diri yang berkarakter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hariyanti, Eka DwiUNSPECIFIEDD03212044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Kurikulum Cambridge; pembelajaran siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eka dwi Hariyanti
Date Deposited: 23 Apr 2016 03:44
Last Modified: 15 Nov 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6187

Actions (login required)

View Item View Item