Efektivitas penerapan metode think pair share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfarisi, Mohammad Farid (2023) Efektivitas penerapan metode think pair share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Farid Alfarisi_D91219129_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode think pair share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) Bagaimana penerapan metode think pair share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo? 3) Bagaimana efektivitas penerapan metode think pair share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode think pair share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo termasuk dalam kategori baik. 2) motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori sangat baik dan pada kelas kontrol termasuk dalam kategori baik. 3) efektivitas penerapan metode think pair share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo dihitung menggunakan rumus independent samples t-test. Dari perhitungan yang dilakukan didapatkan thitung sebesar 5,467 dan ttabel sebesar 1,99547, apabila thitung > ttabel maka artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, penerapan metode think pair share efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfarisi, Mohammad Faridmfarid12344@gmail.comD91219129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Efektivitas; Metode Think Pair Share; Motivasi Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Farid Alfarisi
Date Deposited: 04 May 2023 00:56
Last Modified: 04 May 2023 00:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61874

Actions (login required)

View Item View Item