Edukasi Pengelolaan Sampah Dengan Pola 3r (Reduce,Recycle,Reuse) berbasis masyarakat: studi Kasus Bank Sampah Induk Surabaya/BSIS Ngagel Timur Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faqiyah, Umi Fathimatuz Zahroh (2023) Edukasi Pengelolaan Sampah Dengan Pola 3r (Reduce,Recycle,Reuse) berbasis masyarakat: studi Kasus Bank Sampah Induk Surabaya/BSIS Ngagel Timur Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Fathimatuz Zahroh Faqiyah_ I03219032_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji sebuah fenomena mengenai edukasi pengelolaan sampah dengan pola 3R Reduce, Recycle dan Reuse yang berbasiskan masyarakat yang dilakukan oleh bank sampah induk surabaya atau BSIS.Fokus penelitian ini yaitu pentingnya dilakukan sebuah edukasi mengenai pengolahan sampah berbasiskan masyarakat dengan menggunakan salah satu pola seperti 3R untuk meminimalisir dampak buruk yang dihasilkan oleh permasalahan sampah. Dalam proses menggali data dan menyusun hasil penelitian maka peneliti menggunakan metode kuaalitatif pendekatan studi kasus. Bank sampah induk surabaya atau BSIS yang terletak di Ngagel Timur Kota surabaya sebagai lokasi penelitian ini. Penggalian data pada penelitian ini diperoleh melalui teknik obeservasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan Teori Tindakan Sosial dari Max Weber sebagai pijakan analisis dalam topik penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa edukasi dalam pengelolahan sampah sangatlah penting untuk dilakukan agar menciptakan lingkungan yang sejahtera dengan minim permasalahan sampah. BSIS melakukan sebuah edukasi melalui media sosial dan secara langsung kepada masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengolah dan memilah sampah terutama samapah anorganik. Peran dari masyarakat sangat penting dalam pengelola sampah karena sejatinya jika lingkungan tercemari oleh sampah maka akan berpengaruh juga dalam kehidupan masyarakat. Bentuk kontribusi masyarakat dalam pengolahan sampah dengan cara memilah sampah dan menyetorkan ke bsis sangat terlihat bentuknya melalui dampak yang di hasilkan dari proses tersebut seperti menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, minim akan permasalahan sampah. Selain itu juga dengan adanya pengelohan sampah yang dilakukan oleh masyarakat melalui program bank sampah menjadikan bsis memiliki kontribusi yang cukup besar dalam mengatasi permasalahan samppah di surabaya dan mampu meraih beberapa penghargaan dan prestasi seperti menjadi salah satu bank sampah terbaik .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faqiyah, Umi Fathimatuz Zahrohumizahroh93@gmail.comI03219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamaltaufiq70@gmail.com2002087005
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Keywords: Edukasi Pengelolan Sampah; Pola 3R; Berbasis Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Umi Fathimatuz Zahroh Faqiyah
Date Deposited: 04 May 2023 01:16
Last Modified: 04 May 2023 01:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61875

Actions (login required)

View Item View Item