Penggunaan game kahoot untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran SKI di MAN Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isputri, Zelda (2023) Penggunaan game kahoot untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran SKI di MAN Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zelda Isputri_D01219050_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal itu disebabkan muatan materi yang terlalu banyak dan persepsi peserta didik mengenai pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang cenderung sulit. Oleh karenanya, salah satu upaya pendidik untuk menanggulangi hal tersebut dengan menggunakan media aplikasi game kahoot. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan game kahoot untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Surabaya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model analisis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berasal dari Miles dan Huberman yaitu analisis interactive model.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media game kahoot untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Surabaya dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan dan terlihat peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran SKI serta cepat merespon stimulus dari guru. 2) Faktor pendukung penerapan game kahoot dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI di MAN Surabaya adalah tersedianya fasilitas, sarana dan prasarana yang baik dan faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang kurang stabil, terbatasnya waktu pembelajaran, dan adanya kendala teknis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isputri, Zeldad01219050@student.ac.idD01219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Media Kahoot; Motivasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zelda Isputri
Date Deposited: 06 May 2023 01:06
Last Modified: 06 May 2023 01:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61888

Actions (login required)

View Item View Item