Pengaruh penggunaan media pembelajaran PAI berbasis flipbook terhadap penguatan literasi peserta didik dalam bidang akidah akhlak di SMA Negeri 1 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Annisa Eka Ayu Cahya (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran PAI berbasis flipbook terhadap penguatan literasi peserta didik dalam bidang akidah akhlak di SMA Negeri 1 Taman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Eka Ayu Cahya Ningrum_D91219101_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis : penggunaan media pembelajaran PAI berbasis Flipbook di SMA Negeri 1 Taman, penguatan literasi peserta didik dalam bidang akidah akhlak di SMA Negeri 1 Taman, pengaruh penggunaan media pembelajaran PAI berbasis Flipbook terhadap penguatan literasi peserta didik dalam bidang akidah akhlak di SMA Negeri 1 Taman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif serta objek penelitian peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Taman dan guru mata pelajaran PAI. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh sebagai sampel yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan menyebar angket kepada peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, angket atau kuesioner, wawancara, dokumentasi. Perhitungan data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penggunaan media penggunaan media pembelajaran PAI berbasis Flipbook di SMA Negeri 1 Taman mendapat respon positif dari peserta didik kelas XI IPS 2 karena sangat bermanfaat serta menunjang proses pembelajaran, peserta didik pun jadi lebih antusias ketika pembelajaran PAI suasana kelas menjadi interaktif. Hasil data penelitian mendapatkan nilai 88% yang berada pada interval 75%-100% termasuk dalam kategori sangat baik. Penguatan literasi peserta didik kelas XI IPS 2 dalam bidang akidah akhlak menjadi meningkat hal ini sesuai pada pernyataan angket saya lebih termotivasi untuk membaca materi melalui media pembelajaran Flipbook tanggapan mengarah pada pendapat sangat setuju dan setuju hal ini akan dibarengi. Hasil data penelitian memperoleh skor 88% yang tergolong interval 75%-100% yang berarti penguatan literasi peserta didik kelas XI IPS 2 dalam bidang akidah akhlak termasuk dalam kategori sangat baik. Pengaruh penggunaan media pembelajaran PAI berbasis Flipbook (Variabel X) terhadap penguatan literasi siswa dalam bidang akidah akhlak (Variabel Y). Hasil yang diperoleh yaitu sig 0,000 < 0,005 dan nilai T_hitung> T_tabel adalah 9,030 > 2,040 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima yang berarti variabel X yakni penggunaan media pembelajaran PAI berbasis Flipbook signifikansi mempengaruhi variabel Y yaitu penguatan literasi peserta didik dalam bidang akidah akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Annisa Eka Ayu Cahyad91219101@student.uinsby.ac.idD91219101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorSyafi'I, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Media Pembelajaran PAI Berbasis Flipbook; Penguatan Literasi Peserta Didik; Akidah Akhlak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Eka Ayu Cahya Ningrum
Date Deposited: 04 May 2023 02:42
Last Modified: 04 May 2023 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61889

Actions (login required)

View Item View Item