Kontribusi program bank sampah untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa ganting Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo: studi kasus: bank sampah flamboyan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Siska Isbachul (2022) Kontribusi program bank sampah untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa ganting Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo: studi kasus: bank sampah flamboyan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siska Isbachul Fauziyah_G71217050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul, “Kontribusi Program Bank Sampah untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Ganting Kecamatan Gedangan Kabupaten (Studi Kasus: Bank Sampah Flamboyan)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang kontribusi program bank sampah Flamboyan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Desa Ganting Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendeketan kualitatif deskripif dengan jenis penelitian studi kasus pda objek. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu pihak bank sampah, nasabah bank sampah, pak Lurah. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti berupa program dari bank sampah yaitu, 1) program bank sampah, 2) pembuatan kompos takakura, 3) membuat kerajinan tangan (handmade). Dalam ketiga program ini diharapkan mampu meningkatkan sumber pendapatan bagi warga desa Ganting, khususnya bagi nasabah bank sampah sendiri. Terkait kontribusi program bank sampah Desa Ganting terdapat 61 nasabah yang berkontribusi terhadap berkembangnya program bank sampah, dengan didominasi nasabah yang tergabung adalah ibu rumah tangga. Mereka ikut serta dengan mengumpulkan sampah yang ada di rumah masing-masing yang sudah terpilah, lalu dikumpulkan ke pihak bank sampah. Kurang menyeluruhnya nasabah yang belum tergabung, menjadi sebuah penghambat bagi pihak bank sampah untuk lebih memajukan program bank sampah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Siska Isbachulsiskhafauziyah@gmail.comG71217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi
Keywords: Bank sampah; nasabah; kontribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Siska Isbachul Fauziyah
Date Deposited: 09 May 2023 03:00
Last Modified: 09 May 2023 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61890

Actions (login required)

View Item View Item