Pengaruh penggunaan media game edukatif wordwall terhadap kemampuan daya ingat mata pelajaran IPA pada siswa kelas 4 MINU Waru II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Furqan (2023) Pengaruh penggunaan media game edukatif wordwall terhadap kemampuan daya ingat mata pelajaran IPA pada siswa kelas 4 MINU Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Furqan Najib_D97219080_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh kurangnya variasi media yang digunakan oleh guru, terutama pada mata pelajaran IPA yang di dalamnya banyak berisi ide-ide, konsep, serta gagasan sehingga dapat menimbulkan miskonsepsi. Akibatnya kemampuan siswa dalam mengingat materi yang telah disampaikan oleh guru sebelumnya menjadi kurang. Padahal kemampuan daya ingat ini merupakan salah satu faktor penting dalam proses kognitif siswa. Hal ini dikarenakan daya ingat berkaitan langsung dalam proses penyimpanan informasi. Oleh karena itu guru perlu menghadirkan pemanfaatan media game edukatif Wordwall dalam upaya membantu memudahkan siswa dalam mengingat materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media game edukatif Wordwall terhadap kemampuan daya ingat di dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas 4 di MINU Waru II Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif berjenis quasi eksperimen dalam bentuk non equivalent pre-test post-test control group. Jadi dalam penelitian ini terdapat dua kelompok kelas yang akan dijadikan sampel yaitu kelas eksperimen (4C) yang berjumlah 25 siswa dan kelas kontrol (4B) yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tes tulis pilihan ganda. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic uji Mann Whitney U. Hasil perhitungan uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov didapatkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) lebih kecil daripada 0,05 yaitu 0,041 < 0,05, dapat disimpulkan data tidak berdistribusi normal. Sedangkan pada hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene didapatkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) lebih kecil daripada 0,05 yaitu 0,037 < 0,05, dapat disimpulkan data memiliki variansi tidak homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney U didapatkan nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil daripada 0,05 yaitu 0,007 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media game edukatif Wordwall terhadap kemampuan daya ingat mata pelajaran IPA pada siswa kelas 4 di MINU Waru II Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, Furqanfurqannajib@gmail.comD97219080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Thesis advisorSihabuddin, Sihabuddinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Game Online
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Game Edukatif Wordwall; Kemampuan Daya Ingat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Furqan Najib
Date Deposited: 04 May 2023 03:08
Last Modified: 04 May 2023 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61894

Actions (login required)

View Item View Item