Relevansi konsep akhlak pendidik perspektif syair qad kafani karya Imam Abdullah bin Alawi al-Haddad dan kitab ta'lim muta'allim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Rachmad (2023) Relevansi konsep akhlak pendidik perspektif syair qad kafani karya Imam Abdullah bin Alawi al-Haddad dan kitab ta'lim muta'allim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachmad Hidayat_D91219145.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyak tokoh sufi menggunakan syair sebagai media dakwah, diantaranya Imam Abdullah bin Alawi Al-Haddad berjuluk Quthb al-Da’wah wa al-Isryad, puncak ahli dakwah dan pembimbing, dikumpulkan dalam karya berjudul al-Durru al-Mandhumu li Dzawii al-‘Uquul wa al-Fuhum atau Diwan Al-Haddad. Di dalamnya terdapat syair Qad Kafani yang kental nuansa akhlak sufi dan dapat diterapkan pada pendidik sehingga perlu dikembangkan guna kualitas pendidik yang bersesuaian dengan ruh pendidikan Islam yaitu tanggung jawab ilmu terhadap hak Allah dan sesama, serta mampu mengimplementasikan ilmu dan amal sebaik mungkin. Penelitian ini bertujuan mengetahui makna akhlak pendidik dalam syair lalu mencari hubungannya dalam kitab Ta’lim Muta’allim. Penelitian ini berjenis kualitatif library research menggunakan pendekatan fenomenologi dan model penelitian studi naskah. Penelitian ini menggunakan teknik content analysis melalui tahap interpretasi, deduksi akhlak pendidik perspektif syair Qad Kafani, induksi akhlak pendidik dalam kitab Ta’lim Muta’allim, dan mencari hubungan dengan melakukan komparasi antara kedua konsep tersebut. Penelitian ini menghasilkan 8 konsep akhlak pendidik perspektif syair Qad Kafani, yaitu yakin, fakir, tawakal, sabar, raja’, tawaduk, istikamah, husnuzan dan 14 konsep akhlak pendidik dalam kitab Ta’lim Muta’allim, yaitu tidak tamak, menjaga diri, tawaduk, alim, warak, lebih tua, lebih dewasa, wibawa, santun, sabar, kasih sayang, penasihat, tidak dengki, tidak berselisih atau cekcok. Kedua konsep tersebut memiliki relevansi persamaan spesifik pada tawaduk dan sabar serta perbedaan yang masih dalam ruang lingkup akhlak mulia dan saling melengkapi. Pentingnya kelanjutan penelitian ini disarankan untuk akademisi guna mengurai makna syair lebih dalam dan untuk pendidik guna melazimi buku dan kitab pembersih hati demi niat murni sebagai penyambung lidah Rasulullah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Rachmad--D91219145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Akhlak pendidik; qad kafani; Imam Haddad; ta’lim muta’allim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rachmad Hidayat
Date Deposited: 04 May 2023 03:03
Last Modified: 04 May 2023 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61903

Actions (login required)

View Item View Item