Implementasi Kurikulum Merdeka dimensi berkebhinnekaan global dengan nilai-nilai PAI melalui pendekatan multidisipliner di Kelas X SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uroidli, Ali (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka dimensi berkebhinnekaan global dengan nilai-nilai PAI melalui pendekatan multidisipliner di Kelas X SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Uroidli_D91219095 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka dimensi berkebhinnekaan globlal pada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) telah diterapkan oleh berbagai satuan pendidikan seperti di SMA Negeri 1 Gedangan membawa berbagai dampak pada banyak hal akademik. Salah satu contoh dampak tersebut terjadi penambahan beban terhadap guru mata pelajaran berupa mendobel sebagai guru pendamping kegiatan P5. Hal tersebut memunculkan sebuah inovasi terhadap pelaksanaan kegiatan P5 yang padukan dengan pendekatan multidisipliner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi implementasi kurikulum merdeka dimensi berkebhinnekaan global dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan multidisipliner di kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus mengenai penerapan kurikulum merdeka dimensi berkebhinnekaan global dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan multidisipliner. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menerapkan model analisis Miles dan Huberman dengan tahap kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kegiatan P5 tema kearifan lokal di Sidoarjo dilakukan dengan menyusun tujuan pembelajaran, menentukan alokasi waktu, mencari referensi, menetapkan bahan ajar, menyusun modul ajar, mengurus perizinan dan merencanakan assesmen. (2) Pelaksanaan kegiatan P5 yang dibimbing oleh guru PAI dilakukan dengan integrasi antara kegiatan proyek dengan pengetahuan dan nilai-nilai agama Islam berupa menumbuhkan sikap umat beragama, mengolah serta inovasi kuliner lokal dengan memerhatikan kehalalan bahan dan proses serta mengembangkan jiwa kewirausahaan yang sesuai dengan syariat Islam. (3) Hasil dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini diketahui evaluasi terhadap hasil akhir produk, kesesuaian keriteria poster dan short video, laporan tertulis proyek dan penilaian sikap. Hasil yang diperoleh dari proyek kearifan lokal dengan tema kuliner khas di Sidoarjo, peserta didik telah memenuhi Capaian Pembelajaran (CP) walaupun dalam penerapannya masih perlu penyempurnaan agar hasil lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uroidli, Alialiuroidli01@gmail.comD91219095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Budaya - Agama
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kurikulum Merdeka; berkebhinnekaan global; Pendidikan Agama Islam; pendekatan multidisipliner
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ALI UROIDLI
Date Deposited: 04 May 2023 04:37
Last Modified: 04 May 2023 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61905

Actions (login required)

View Item View Item