Pengaruh Metode ACM (Aku Cepat Membaca) terhadap kemampuan membaca permulaan kelompok A1 di RA Masjid Al-Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriana, Dita Alya (2023) Pengaruh Metode ACM (Aku Cepat Membaca) terhadap kemampuan membaca permulaan kelompok A1 di RA Masjid Al-Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Alya Indriana_D99219040_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang menerapkan metode ACM (Aku Cepat Membaca) untuk mengajarkan membaca pada peserta didiknya guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Peneliti temukan di RA Masjid Al-Akbar Surabaya di Kota Surabaya. Karena latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah metode ACM terdapat pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak pada kelompok A1 di RA Masjid Al-Akbar Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode ACM (Aku Cepat Membaca) terhadap kemampuan membaca permulaan kelompok RA A1 di RA Masjid Al-Akbar Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian kelompok RA A terdiri dari tiga kelas yakni kelompok A1, A2, Bilingual A. Teknik sampling jenis sampel acak kelompok sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelompok A1. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode belajar ACM (Aku Cepat Membaca) di RA Masjid Al-Akbar Surabaya dalam proses belajar membaca dilakukan secara rutin dua kali dalam satu minggu. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana diperoleh t hitung sebesar 6,973 dengan harga t tabel untuk taraf signifikasi 0,05 (5%) pada N = 19, dan diperoleh t tabel sebesar 2,110. Sehingga diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel (6,973 > 2,110), maka Ha diterima dan Ho ditolak, berarti mempunyai pengaruh yang signifikan antara metode ACM terhadap kemampuan membaca permulaan. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode ACM (Aku Cepat Membaca) terhadap kemampuan membaca permulaan kelompok A1 di RA Masjid Al-Akbar Surabaya. Diketahui pula hasil koefisien determinasi yaitu R Square sebesar 0,739 yang artinya besarnya pengaruh metode ACM (Aku Cepat Membaca) terhadap kemampuan membaca permulaan adalah sebesar 73,9%, sisanya sebesar 26,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriana, Dita Alyaditaalya2017@gmail,comD99219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Metode ACM (Aku Cepat Membaca); Kemampuan Membaca Permulaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dita Alya Indriana
Date Deposited: 04 May 2023 07:24
Last Modified: 04 May 2023 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61917

Actions (login required)

View Item View Item