Analisis hukum islam terhadap pemberlakuan tiga sistem pembagian waris secara kekeluargaan, didesa Kedungturi kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haiqal, Ida Ayu Khomsiyah (2022) Analisis hukum islam terhadap pemberlakuan tiga sistem pembagian waris secara kekeluargaan, didesa Kedungturi kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ida Ayu Khomsiyah Haiqal_C91217051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Teknik analisis deskriptif, yakni menggambarkan serta penjelasan data secara sistematis sehingga memperoleh pemahaman yang menyeluruh tentang pemberlakuan tiga sistem pembagian waris di Desa Kedungturi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pertama, pembagian waris yang ada di Desa Kedungturi lebih banyak menggunakan hukum adat dan jarang para warganya menggunakan hukum islam dalam pembagian waris. Karena kurang pahamnya tentang cara pembagiannya, dan menurut mereka lebih adil menggunakan hukum adat yang sudah dilakukan secara kebiasaan. Kedua, dalam pembagian harta waris di desa Kedungturi berbeda dengan aturan dalam hukum Islam karena dalam pembagian harta waris lebih menyetarakan antara laki-laki dengan perempuan dan ada juga yang melakukan pembagian waris ketika si pewaris masih hidup tetapi hanya untuk mengetahui bagian masing-masing. Maka hal tersebut boleh dilakukan bila disetarakan karena hibah dan telah terjadi kesepakan untuk dibagi secara hukum Islam terlebih dahulu lalu boleh diganti secara hukum adat, tetapi bila si pewaris telah meninggal maka pembagian waris harus memakai hukum waris Islam. Berkaitan dengan kesimpulan di atas, maka saran yang disampaikan adalah kepada Pemerintahan Desa dan para masyarakat sekitar, khususnya di Desa Kedungturi Kecamatan Taman Kabupaten Taman. Bagi yangberagama islam hendaknya dalam melakukan pembagian harta waris lebih memilih menggunakan hukum islam karena dalam aturan yang telah di tetapkan pasti telah di tentukan secara adil oleh Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haiqal, Ida Ayu Khomsiyahidaayukhomsiyah21@gmail.comC91217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhufron, Muhammad----
Subjects: Hukum Islam
Waris
Keywords: Hukum Islam; waris; kekeluargaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: ida haiqal
Date Deposited: 05 May 2023 13:23
Last Modified: 05 May 2023 13:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61923

Actions (login required)

View Item View Item