Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam prespektif teori konstruktivisme di SMPN 22 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istifadah, Yuliya Khafidhotul (2023) Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam prespektif teori konstruktivisme di SMPN 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuliya Khafidhotul Istifadah_D71219089.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka ialah upaya untuk mengatasi masalah pendidikan yang berubah-ubah setiap waktu. Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pendidikan harus up to date agar tidak ketinggalan zaman. Beberapa pembaharuan dalam kurikulum ini memberikan pengaruh besar bagi mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dapat mengkonstruksi kemampuan nalar kritis peserta didik dalam menganalisa perbedaan pendapat, peserta didik lebih terbuka dan meluas menjadikan bekal dalam menghadapi perkembangan dunia global serta menjunjung tinggi nilai persatuan untuk menguatkan persaudaraan antar sesamanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data dari hasil observasi di lapangan, wawancara dengan waka kurikulum, guru PAI dan BP, dokumentasi, dan kuesioner berupa sekala Guttam untuk memberi penegasan mengenai implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 22 Surabaya.Hasil Penelitian dapat menunjukkan bahwa sebagai sekolah penggerak SMPN 22 Surabaya telah terdaftar melalui Platform Merdeka Mengajar dengan memilih opsi mandiri berubah. menjadikan guru PAI dan BP dapat mendesain perangakat pembelajaran dengan memanfaatkan platform tersebut dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik. Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI dan BP sudah berjalan dengan stabil walaupun baru diterapkan pada kelas VII saja. Dari beberapa konsep yang diutarakan dapat menunjukkan bahwa pada mata pelajaran PAI dan BP sudah berkaitan dengan teori konstruktivisme. Terbukti bahwa pendidik sudah menerapkan pada materi tertentu, misalnya dalam materi menganalisis hukum bacaan alif lam syamsiyah dan Alif lam qamariyah dengan menggunakan metode PBL. Hal itu peserta didik dituntut untuk lebih aktif dalam menkonstruksikan pengetahuan mereka sendiri dengan menemukan konsep dalam memecahkan masalah yang diberikan. Dengan ini peneliti sangat mengharapkan SMPN 22 Surabaya dapat mempertahankan kualitasnya dalam mendidik peserta didik yang unggul dan mengedapankan akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istifadah, Yuliya Khafidhotulkhafidhotul.isti@gmail.comD71219089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi Kurikulum merdeka,; PAI dan BP; Teori Konstruktivisme
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliya Khafidhotul Istifadah
Date Deposited: 04 May 2023 06:13
Last Modified: 04 May 2023 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61924

Actions (login required)

View Item View Item