الطباق والمقابلة في كتاب مختار الأحاديث النبوية للسيد أحمد الهاشمي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shifah, Vivin Tazkiyatus (2023) الطباق والمقابلة في كتاب مختار الأحاديث النبوية للسيد أحمد الهاشمي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivin Tazkiyatus Shifah_A91219120_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji salah satu kitab kumpulan hadits Nabi SAW karya Sayyid Ahmad Al Hasyimi, yakni Mukhtar Al Ahadits Al Nabawiyyah dari segi keindahan bahasanya. Peneliti mengkaji tentang Thibaq dan Muqabalah yang masuk dalam kategori ilmu Badi’, salah satu studi pada ilmu balaghah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam thibaq dan muqabalah dalam kitab Mukhtar Al Ahadits Al Nabawiyyah karya Sayyid Ahmad Al Hasyimi sehingga menambah pengetahuan dan pemahaman tentang thibaq dan muqabalah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni data yang disajikan berupa kata, frase, atau kalimat dan bukan berupa angka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab Mukhtar Al Ahadits Al Nabawiyyah karya Sayyid Ahmad Al Hasyimi. Adapun dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode library research, yakni peneliti membaca hadits dari kitab karya Sayyid Ahmad Al Hasyimi khusunya pada bab hamzah kemudian menulis hadits-hadits yang mengandung thibaq maupun muqabalah. Peneliti menemukan thibaq dengan rincian 124 thibaq ijab dan 37 thibaq salab. Adapun muqabalah dalam kitab ini, peneliti menemukan 36 muqabalah itsnain bi itsnain, 3 muqabalah tsalatsah bi tsalatsah, 1 muqabalah arba’ah bi arba’ah dan 1 muqabalah sittah bi sittah. Untuk muqabalah khomsah bi khomsah, peneliti tidak menemukannya dalam data penelitian yang diambil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shifah, Vivin Tazkiyatusvivintazkiya521@gmail.comA91219120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan
Hadis
Keywords: thibaq; muqabalah; mukhtar al ahadits al nabawiyyah; sayyid ahmad al hasyimi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Tazkiyatus Shifah Vivin
Date Deposited: 04 May 2023 05:09
Last Modified: 04 May 2023 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61926

Actions (login required)

View Item View Item