Pengenalan konsep bilangan melalui permainan ular tangga pada kelompok B RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Nadhifa Zahara (2023) Pengenalan konsep bilangan melalui permainan ular tangga pada kelompok B RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadhifa Zahara Salsabila_D99219054 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terdapat anak kelompok B5 mengalami kesulitan belajar karena kurang memahami konsep bilangan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar anak dalam kegiatan berhitung menunjukkan bahwa anak yang tidak tuntas sebesar 13% (Mulai Berkembang) dan 10% (Belum Berkembang). Untuk meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan, peneliti mengambil tindakan menggunakan media permainan ular tangga, yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan ular tangga dalam meningkatkan pengenalan konsep bilangan pada anak kelompok B dan untuk mengetahui peningkatan pengenalan konsep bilangan setelah diterapkannya permainan ular tangga pada anak kelompok B di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan (tindakan), 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelompok B5 RA Muslimat NU 10 Banin-Banat yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media permainan ular tangga berkembang sangat baik pada siklus II dengan menggunakan media permainan ular tangga dengan variasi dan ditambah dengan media flashcard angka. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru pada siklus I meningkat dari 67,85% (Baik) menjadi (Sangat Baik) pada siklus II yaitu 80,95%. Sama halnya dengan aktivitas anak juga meningkat dari siklus I sebesar 61,90% (Berkembang Sesuai Harapan) dan (Berkembang Sangat Baik) pada siklus II yaitu 78,57%. Ini semua dikarenakan guru lebih bisa memperhatikan semua anak dan tidak membeda-bedakan kondisi anak di dalam kelas. Sehingga semua anak mendapatkan pengajaran yang sama pada siklus II. 2) adanya peningkatan kemampuan pengenalan konsep bilangan setelah diterapkan media permainan ular tangga terlihat dari hasil ketuntasan anak melakukan kegiatan berhitung berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang menunjukkan bahwa hasil pra siklus sebesar 38% (Mulai Berkembang), pada tahap siklus I sebesar 55% (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II menjadi 80% (Berkembang Sangat Baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Nadhifa Zaharanadhifazaharasals.apple@gmail.comD99219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pengenalan Konsep Bilangan; Permainan Ular Tangga
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nadhifa Zahara Salsabila
Date Deposited: 07 May 2023 11:35
Last Modified: 07 May 2023 11:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61930

Actions (login required)

View Item View Item