طبيعة الشخصيات في مسرحية "الحاكم بأمرالله" لنوال السعداوي في نظرية سيكولوجية أدبية سيغمند فرويد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riyadhoh, Umi (2023) طبيعة الشخصيات في مسرحية "الحاكم بأمرالله" لنوال السعداوي في نظرية سيكولوجية أدبية سيغمند فرويد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Riyadhoh_A91219119_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter kepribadian tokoh dalam drama “Al-Hākim bi Amrillāh” karya Nawal el-Saadawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu mengungkapkan kepribadian tokoh dalam drama “Al-Hākim bi Amrillāh” karya Nawal el-Saadawi. Data yang diteliti berupa kata-kata dalam kutipan-kutipan percakapan dari drama. Sumber data yang digunakan berupa naskah drama “Al-Hākim bi Amrillāh” karya Nawal el-Saadawi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan metode analisis deskriptif. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam drama ini terdapat 9 tokoh yaitu: Al-Hākim bi Amrillāh, Ratu Janat, Pria Asing (Rabea), Ibu Tua, Prajurit Ubaid, Prajurit Usman, Panglima Prajurit Marwan, Lelaki Gubuk, dan sejumlah tentara, budak dan pelayan wanita dan setiap tokoh memiliki karakter kepribadian masing-masing. Peneliti menganalisis karakter kepribadian tokoh dalam drama “Al-Hākim bi Amrillāh” ini dengan teori Sigmund Freud yang terdiri dari 3 aspek kepribadian yaitu: Id, Ego, dan Superego. Dalam drama ini ditemukan 26 kalimat yang mengandung id, 21 kalimat yang mengandung ego dan 6 kalimat yang mengandung superego.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riyadhoh, Umiumiriyadhoh51@gmail.comA91219119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Kesusastraan
Psikologi
Keywords: Penokohan; Drama; Al-Hākim bi Amrillāh; Sigmund Freud
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: UMI RIYADHOH
Date Deposited: 05 May 2023 01:14
Last Modified: 05 May 2023 01:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61932

Actions (login required)

View Item View Item