Analisis hukum islam terhadap praktik Nggado (Bagi Hasil) pemeliharaan sapi desa: studi kasus di Desa Bendo Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferdiansyah, Andika Agung (2023) Analisis hukum islam terhadap praktik Nggado (Bagi Hasil) pemeliharaan sapi desa: studi kasus di Desa Bendo Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andika Agung Ferdiansyah_C92219082_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara terhadap beberapa responden. Analisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu bertujuan menganalisis praktik bagi hasil pemeliharaan sapi desa di Desa Bendo Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi, serta menggunakan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa praktik bagi hasil pemeliharaan sapi desa di Desa Bendo ini sudah sesuai dengan syariah Islam, karena praktiknya berlandaskan pada toleransi atau tolong menolong agar masyarakat yang tidak mampu bisa memiliki sapi sendiri. Hal ini sudah menjadi tradisi yang mana bisa dijadikan hukum, selama tidak bertentangan dengan hukum Islam. Namun untuk nisbah bagi hasilnya disarankan agar disepakati untuk ditinjau dari waktu ke waktu, supaya pembagiannya lebih jelas dan adil. Karena meski berlandaskan asas tolong menolong, itu harus disesuaikan dengan hukum atau syariahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferdiansyah, Andika Agungandikaferdian55@gmail.comC92219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul@uinsby.ac.id2023098002
Subjects: Mudarabah
Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Bagi hasil; nggado
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Andika Ferdiansyah Andika Agung Ferdiansyah
Date Deposited: 07 May 2023 20:50
Last Modified: 07 May 2023 20:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61938

Actions (login required)

View Item View Item