Pola komunikasi antara pelatih dan siswa dalam Seni Bela Diri Tapak Suci di Desa Simbatan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dunggudi, Refina Elfariana (2023) Pola komunikasi antara pelatih dan siswa dalam Seni Bela Diri Tapak Suci di Desa Simbatan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Refina Elfariana Dunggudi_B75219073_OK.pdf

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui proses dan pola komunikasi antara pelatih dan siswa dalam seni bela diri tapak suci di Desa Simbatan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif guna mendeskripsikan persoalan proses dan pola komunikasi antara pelatih dan siswa dalam seni bela diri Tapak Suci di Desa Simbatan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interaksi simbolik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi terbentuk melalui proses komunikasi antar pribadi serta komunikasi menggunakan media sosial yaitu Whatsapp. Keberhasilan dalam proses komunikasi antara pelatih dan siswa dilakukan dengan membangun kedekatan emosional antara pelatih dan siswa. Sedangkan pola komunikasi yang digunakan yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder dan pola komunikasi sirkular. Selain itu juga tergambar pola komunikasi bentuk lingkaran dan bintang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dunggudi, Refina Elfarianab75219073@student.uinsby.ac.idB75219073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Pendidikan
Pencak Silat
Keywords: Pola Komunikasi; Komunikasi Pelatih dan Siswa; Tapak Suci.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Refina Elfariana Dunggudi
Date Deposited: 08 Jul 2023 07:14
Last Modified: 08 Jul 2023 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61950

Actions (login required)

View Item View Item