Implementasi model pembelajaran Qira'ah Muwahhadah dalam meningkatkan kualitas bacaan al Quran santri Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiq, Muhammad Ibadurrahman (2023) Implementasi model pembelajaran Qira'ah Muwahhadah dalam meningkatkan kualitas bacaan al Quran santri Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ibadurrahman Taufiq_D71219073 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak murattal al-Quran yang dapat menjadi referensi langgam bacaan al-Quran untuk diterapkan ketika membaca al-Quran. Namun terkadang orang yang baru bisa membaca al-Quran justru lebih mengutamakan lagu dan mengesampingkan hukum tajwid dalam bacaannya. Maka KH. Muhammad Yusuf Masyhar selaku pendiri pondok pesantren Madrasatul Quran merumuskan model pembelajaran Qira’ah Muwahhadah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimanakah implementasi model pembelajaran Qira’ah Muwah{h{adah dalam meningkatkan kualitas bacaan al-Quran santri pondok pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. 2) Untuk mengetahui peningkatan kualitas bacaan al-Quran santri pondok pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. 3) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari implementasi model pembelajaran Qira’ah Muwahhadah di pondok pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan desktiptif. Penelitian dilakukan di pondok pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. Penulis mendapatkan data penelitian melalui observasi, dokumentasi dan wawancara tentang Qira’ah Muwahhadah dengan kepala unit tahfiz, sekertaris unit tahfiz beberapa guru dan santri pondok pesantren Madrasatul Quran Tebuireng. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Qira’ah Muwahhadah dilaksanakan dalam kegiatan fasahah di dalam kelas yang terdiri dari beberapa tingkatan kelompok berdasarkan kualitas bacaan al-Quran. Qira’ah Muwahhadah merupakan model bacaan al-Quran yang dirumuskan oleh KH. Yusuf Masyhar sebagai pendiri pp. Madrasatul Quran yang menjadikan murattal Syaikh Mahmud Khalil al-Husary sebagai rujukan bacaan, lagu, dan irama. (2) Peningkatan kualitas bacaan al-Quran santri dapat dilihat dari hasil ujian al-Quran tiap akhir semester sehinga berdasarkan hasil ujian tersebut santri dapat naik ke dalam kelompok yang lebih tinggi. Santri yang mengikuti ujian maqbul yang diadakan unit tahfiz dan dinyatakan lulus maka dia berhak mengikuti wisuda bi al-nazar dan santri tersebut telah resmi lulus dari pembelajaran Qira’ah Muwahhadah program bi al-nazar. (3) Kelebihan dari pembelajaran Qira’ah Muwahhadah yaitu santri dapat membaca al-Quran dengan baik, lancar, indah, dan sesuai dengan hukum tajwid. Sedangkan kelemahannya adalah guru memerlukan tenaga yang ekstra dan mungkin pembelajaran Qira’ah Muwahhadah sulit diterapkan di luar Madrasatul Quran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiq, Muhammad Ibadurrahmanibadd6666@gmail,comD71219073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Model pembelajaran; Qiraah Muwahhadah; kualitas bacaan al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ibadurrahman Taufiq
Date Deposited: 05 May 2023 02:04
Last Modified: 05 May 2023 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61954

Actions (login required)

View Item View Item