Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Priyandini, Nawang (2023) Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nawang Priyandini_D01219041 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Nganjuk. 2) Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Nganjuk. 3) Mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis Peserta Didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan korelasional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 peserta didik, diambil dengan Teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi pearson product moment dan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran akidah akhlak peserta didik MAN 2 Nganjuk rata-rata berada pada rentang skor 78 sampai dengan 87 dan memiliki presentase 78,75 % yang menunjukkan kategori sedang. 2) kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran akidah akhlak peserta didik di MAN 2 Nganjuk rata-rata berada pada skor 79 sampai dengan 91, presentase sebesar 81,25% masuk dalam kategori sedang. 3) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik di MAN 2 Nganjuk didapatkan hasil dari perhitungan korelasi product moment sebesar 0,477 sehingga diartikan bahwa kekuatan korelasinya memiliki hubungan yang sedang dan memiliki arah korelasi yang positif. Dari hasil perhitungan regresi linier sederhana didapatkan konstanta yang bernilai positif sebesar 28,75 yang berarti model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis. Sedangkan nilai koefisien regresi didapat sebesar 0,688 yang artinya jika model pembelajaran problem based learning mengalami peningkatan satu satuan maka kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran akidah akhlak akan mengalami peningkatan 6,88%. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran akidah akhlak peserta didik di MAN 2 Nganjuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Priyandini, Nawangnawangpriyandini@gmail.comD01219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, FathurUNSPECIFIED197311302005011005
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus SalamahUNSPECIFIED196903211994032003
Subjects: Islam > Islam - Negara
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning; kemampuan berfikir kritis; Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nawang Priyandini
Date Deposited: 05 May 2023 02:36
Last Modified: 05 May 2023 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61955

Actions (login required)

View Item View Item