Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam serial Adit & Sopo Jarwo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahra, Syiva Fatimatus (2023) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam serial Adit & Sopo Jarwo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syiva Fatimatus Azzahra_D97219105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah merujuk dari studi pendahuluan menggunakan teknik observasi pada kelas 5A yang dilakukan di MIN 2 Kota Surabaya, sebagian besar siswa sekolah dasar sering kali terlibat perilaku negatif atau buruk seperti gaya hidup hedonisme, berkata-kata kasar, mencuri, dan lain sebagainya. Jika situasi perilaku negatif seperti ini tetap diteruskan, maka tidak dapat dipungkiri akan terjadi krisis pendidikan karakter yang dialami oleh siswa sekolah dasar karena minimnya konten yang mengandung pendidikan karakter dalam televisi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa saja tema serial animasi atau kartun Adit & Sopo Jarwo episode 76-78? Bagaimana alur cerita pada serial animasi atau kartun Adit & Sopo Jarwo episode 76-78? Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam serial animasi atau kartun Adit & Sopo Jarwo episode 76-78? Bagaimana penggambaran nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam serial animasi atau kartun Adit & Sopo Jarwo episode 76-78? Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian ini adalah kualitatif, data-data yang dikumpulkan oleh peneliti berbentuk teks narasi. Pada penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan objek alamiah, peneliti bertindak sebagai instrumen kunci pada penelitiannya. Penelitian ini diputuskan untuk menggunakan metode studi kepustakaan atau library research karena metode ini dirasa cocok dengan permasalahan penelitian mengenai analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam serial animasi Adit & Sopo Jarwo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menyatakan terdapat 9 dari 9 nilai-nilai pendidikan karakter dalam serial Adit & Sopo Jarwo yang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter dengan klasifikasi toleransi;kerja keras;dan keadilan sebanyak satu episode,cinta tanah air;semangat kebangsaan;saling menghargai;tolong menolong sebanyak dua episode, dan cinta damai serta jujur sebanyak tiga episode. Penggambaran nilai-nilai pendidikan karakter disampaikan secara tersurat dan tersirat baik melalui adegan maupun dialog antar tokohnya. Serta sepakat bahwa serial Adit & Sopo Jarwo layak untuk ditonton oleh anak usia sekolah dasar namun tetap di bawah bimbingan orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahra, Syiva Fatimatussyifafaa02@gmail.comD97219105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Subjects: Kepribadian
Keywords: Nilai-nilai pendidikan karakter; serial animasi; Adit & Sopo Jarwo
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syiva Fatimatus Azzahra
Date Deposited: 05 May 2023 02:49
Last Modified: 05 May 2023 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61958

Actions (login required)

View Item View Item