Gaya hidup minimalis dalam menggunakan produk skincare : studi kasus pada komunitas lyfewithless di akun instagram lyfewithless

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

lathifah, liza nur (2023) Gaya hidup minimalis dalam menggunakan produk skincare : studi kasus pada komunitas lyfewithless di akun instagram lyfewithless. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Liza Nur Lathifah_I03219020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk melihat bagaimana gambaran gaya hidup minimalis dalam menggunakan produk skincare yang diterapkan oleh anggota komunitas lyfewithless ditengah-tengah gempuran gaya hidup konsumerisme dan fenomena fast beauty yang membuat masyarakat tergiur untuk mencoba produk skincare yang sedang viral dan karena ada diskon,fenomena tersebut sangat bertolak belakang dengan prinsip yang dipegang oleh ke 4 informan yakni gaya hidup minimalis.Kedua adalah melihat bagaimana program dan kegiatan yang dilakukan anggota komunitas lyfewithless yang dapat memberikan manfaat dan pengetahuan lewat program dan kegiatan yang dilakukan oleh anggota komunitas lyfewithless mendapatkan pengetahuan menganai gaya hidup minimalis.Gaya hidup minimalis yang dimaksut oleh peneliti adalah gaya hidup minimalis dalam menggunakan produk skincare. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus kemudian proses pengumpulan data dalam penelitihan ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu penelusuran data online,wawancara dan dokumentasi. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan rasional max weber. Hasil penelitian ini menggambarkan gaya hidup minimalis dimana ke 4 informan yang merupakan anggota komunitas lyfewithless yang memilih untuk menerapkan gaya hidup minimalis dalam menggunakan produk skincare yaitu dengan upaya menerapkan skin minimalism,mengidentifikasi dan mengevaluasi produk skincare sebelum membeli, tidak tergiur dengan produk skincare yang sedang viral dan diskon dan memakai sampai habis produk skincare kemudian merecycle sampah dari packaging produk skincare, dan ketika sudah menerapkan gaya hidup minimalis ke 4 informan merasa bahwa mereka terhindar dari perilaku impulsive dan hedonisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
lathifah, liza nurlizalizlatifah@gmail.comI03219020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisortaufiq, amalamaltaufiq70@gmail.com--
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Keywords: Gaya hidup minimalis; skincare; komunitas lyfewithless
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: liza nur lathifah
Date Deposited: 08 May 2023 02:47
Last Modified: 08 May 2023 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61963

Actions (login required)

View Item View Item