Budaya K-Pop dalam kehidupan sosial mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lataisi, Auditya Savirliana (2023) Budaya K-Pop dalam kehidupan sosial mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Auditya Savirliana Lataisi_I93219070_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai dua permasalahan yaitu (1) Bagaimana makna eksistensi budaya K-pop bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (2) Apa dampak yang ditimbulkan budaya K-pop dalam kehidupan sosial mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna eksistensi budaya K-pop bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya dan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan budaya K-pop dalam kehidupan sosial mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya.Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi milik Edmund Husserl. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam kaitannya dengan pemilihan subyek penelitian, dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya dan masih aktif sebagai mahasiswa hingga saat ini serta merupakan mahasiswa yang menggemari budaya K-pop. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk membuktikan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi teknik. Hasil penelitian mengemukakan (1) Mahasiswa penggemar K-pop di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya memaknai budaya K-pop sebagai hiburan dan stres copping, budaya K-pop sebagai motivator, budaya K-pop sebagai karya seni dan budaya K-pop sebagai sumber kebahagiaan. (2) Budaya K-pop memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya. Dampak positif budaya K-pop bagi mahasiswa adalah mempelajari budaya dan bahasa baru, sumber inspirasi untuk mengembangkan potensi, memudahkan untuk bersosialisasi dan menambah relasi, mengajarkan untuk berhemat dan menabung, dijauhkan dari pergaulan bebas, dan inspirasi untuk gaya berbusana. Selain itu dampak negatif budaya K-pop bagi mahasiswa adalah menimbulkan perilaku konsumtif, membuat mahasiswa menjadi kecanduan gadget, berkurangnya interaksi dengan anggota keluarga dan merubah gaya berbicara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lataisi, Auditya Savirlianaaudityadita9@gmail.comI93219070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Sosiologi
Budaya
Keywords: Budaya; K-pop; Dampak; Makna; Kehidupan sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Auditya Lataisi
Date Deposited: 05 May 2023 16:36
Last Modified: 05 May 2023 16:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61965

Actions (login required)

View Item View Item