Fenomena phubbing di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: tinjauan teori aksi Talcott Parsons

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, Riyan (2023) Fenomena phubbing di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: tinjauan teori aksi Talcott Parsons. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riyan Muttaqin_I93219099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah fenomena phubing dikalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dengan menggunakan teori aksi talcott parsonss, skripsi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan latar belakang fenomena phubbing dikalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive sampling.yakni Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Data yang dihimpun berupa data kuantitatif dan kualitatif, diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihimpun dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menemukan, bahwa terdapat lima alasan terjadinya perilaku phubbing, (1) belum tau mengenai istilah phubbing, (2) melakukan tindakan phubbing karena tidak ada pilihan lain, (3) Perilaku phubbing yang dilakukan tercermin pada aktivitas penggunaan smartphone dalam keseharian, (4) mahasiswa menganggap tindakan phubbing dilakukan sebagai suatu kebenaran, (5) Aktivitas phubbing yang dilakukan rata-rata cenderung ingin mendapatkan kebutuhan akan kenyamanan. Dampak terbesar dari perilaku phubbing pada mereka terletak pada proses interaksi dan kerenggangan hubungan. Kegagalan yang dirasakan oleh korban phubbing cenderung akan membuat mereka ragu dan malas untuk membangun interaksi dengan temannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, Riyanriyankensa22@gmail.comI93219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisa_umsida67@yahoo.com2006056701
Thesis advisorEffendi, MasitahMASITAH.EFFENDI@uinsby.ac.id2017059101
Subjects: Masalah sosial
Sosiologi
Budaya
Keywords: Fenomena; phubbing; mahasiswa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Riyan Muttaqin
Date Deposited: 05 May 2023 02:32
Last Modified: 05 May 2023 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61975

Actions (login required)

View Item View Item