Proses pemodelan matematika dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari tingkat kemampuan matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Aisyah (2023) Proses pemodelan matematika dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Wardani_D04217001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemodelan matematika adalah proses untuk merepresentasikan suatu masalah matematika kontekstual ke dalam bentuk rumusan matematis sehingga mudah untuk dipelajari dan dilakukan perhitungan dengan melalui tahap (1) identifikasi masalah, (2) manipulasi masalah, (3) pembentukan model matematika. Salah satu materi yang menggunakan pemodelan matematika adalah matriks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemodelan matematika dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari tingkat kemampuan matematika.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dikategorikan dengan kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi setelah diberikan soal TKM dan tiap kategori terisi dua subjek. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-BISDAR SMK Sepuluh Nopember. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan matematika dan wawancara. Analisis data melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan proses pemodelan matematika subjek berkemampuan matematika rendah (SR) mampu memenuhi satu tahapan pemodelan matematika, yaitu identifikasi masalah. Subjek berkemampuan matematika sedang (SS) mampu memenuhi kedua tahapan pemodelan matematika, yaitu identifikasi masalah dan pembentukan model matematika. Subjek berkemampuan matematika tinggi (ST) mampu memenuhi ketiga tahapan pemodelan matematika, yaitu identifikasi masalah, memanipulasi masalah, dan pembentukan model matematika. Namun terdapat 1 subjek berkemampuan tinggi hanya memenuhi 2 tahapan, yaitu identifikasi masalah dan pembentukan model matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Aisyahwardaniaisyah222@gmail.comD04217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Model; Pemodelan; Pemodelan Matematika; Kemampuan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aisyah Wardani
Date Deposited: 07 May 2023 14:14
Last Modified: 07 May 2023 14:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61982

Actions (login required)

View Item View Item