Peningkatan kemampuan membaca melalui media buku bacaan bertahap kelompok A di TK Muslimat NU Bunga Harapan Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mar'atin, Azkiyatul (2023) Peningkatan kemampuan membaca melalui media buku bacaan bertahap kelompok A di TK Muslimat NU Bunga Harapan Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azkiyatul Mar'atin_D99218053 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media buku bacaan bertahap untuk meningkatkan kemampuan membaca kelompok A di TK Musimat NU Bunga Harapan Sumberwudi, Lamongan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak setelah penerapan media buku bacaan bertahap diterapkan.Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif terletak pada perhitungan penilaian, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan nilai hasil yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media buku bacaan bertahap dalam meningkatkan kemampuan membaca kelompok A di TK Muslimat NU Bunga Harapan Sumberwudi dilakukan dalam kegiatan budaya membaca yang pelaksanaannya dilakukan setelah kegiatan inti selesai. (2) Hasil data yang diperoleh pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 68,18, pada siklus II memperoleh 70,45, sedangkan pada siklus III nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 80,68. Nilai persentase ketuntasan yang diperoleh mulai dari siklus I sampai III adalah 63,63% pada siklus I, 68,18% pada siklus II, 81,81% pada siklus III. Perbaikan yang telah dilakukan selama proses penelitian telah menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan membaca kelompok A.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mar'atin, Azkiyatulazkiyatulmaratin@gmail.comD99218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Keywords: Peningkatan kemampuan membaca; media; buku bacaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Azkiyatul Mar'atin
Date Deposited: 15 May 2023 04:39
Last Modified: 15 May 2023 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61991

Actions (login required)

View Item View Item