Desakralisasi agama dengan modus Dark Joke pada komentar-komentar di media sosial Tiktok: analisis freedom of speech John Stuart Mill

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibad, Syaichon (2023) Desakralisasi agama dengan modus Dark Joke pada komentar-komentar di media sosial Tiktok: analisis freedom of speech John Stuart Mill. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaichon Ibad_E01218023 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai aktivitas-aktivitas desakralisasi agama dengan modus dark joke yang dibungkus dengan bahasa-bahasa jenaka pada komentar-komentar di media sosial TikTok. Dalam perspektif psikologi, awalnya dark joke ini digunakan untuk mendamaikan antara individu dengan tragedi atau bencana hidup yang dialami dengan menertawakannya dan membuatnya layaknya seperti lelucon dengan tujuan sisi tragis di dalamnya agar tidak terlalu dominan. Oleh karena itu, skripsi ini terfokus pada pergeseran penggunaan dark joke dari fungsi awalnya yang kemudian menjalar pada ajaran-ajaran, peribadatan, dan norma-norma di dalam agama setelah menjadi tren di banyak media sosial terutama TikTok. Hal tersebut membuat penganalisisan dalam skripsi ini menggunakan teori freedom of speech atau kebebasan dalam berbicara milik John Stuart Mill. Penelitian ini mencakup rumusan masalah: pertama, bagaimana status desakralisasi agama melalui dark joke dalam kacamata Islam? Kedua, bagaimana analisis freedom of speech John Stuart Mill terhadap desakralisasi agama dengan modus dark joke? Adapun metode penelitian yang digunakan kualitatif-analisis induktif dengan menggunakan data kepustakaan serta media berupa komentar-komentar di TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dark joke yang diawankan pada media sosial TikTok rentan bias, bersifat provokatif, dan mendesakralisasi agama. Sedangkan dalam analisis freedom of speech John Stuart Mill, dark joke dapat memberikan kerugian-kerugian secara psikis melalui ketersinggungan, perkataan yang tidak menyenangkan, dan ujaran kebencian terhadap agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibad, Syaichonsyaichonibad9@gmail.comE01218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJa'far, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Demokrasi
Keywords: Desakralisasi agama; Dark Joke; Tiktok; freedom of speech John Stuart Mill
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Syaichon Ibad
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:18
Last Modified: 08 Jun 2023 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61995

Actions (login required)

View Item View Item