Pendampingan komunitas Anak Buah Kapal (ABK) dalam menghadapi pola hidup konsumtif di Desa Blimbing Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Nur Rahmat Ainul (2023) Pendampingan komunitas Anak Buah Kapal (ABK) dalam menghadapi pola hidup konsumtif di Desa Blimbing Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rahmat Ainul Yaqin_B02219030 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi keluarga nelayan terhadap belenggu perilaku Konsumtif di Desa Blimbing Lamongan. Penyebab pola hidup konsumtif salah satunya karena kebiasaan berhutang abk kepada juragan, untuk itu dalam penelitian ini akan menerapkan strategi Pendampingan Komunitas Anak Buah Kapal (ABK) dalam menghadapi Pola Hidup Konsumtif di Desa Blimbing Lamongan. Dalam mengurai persoalan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan dan metode PAR (Participatory Action Research) dalam bingkai upaya penyadaran pada masyarakat, teori pendampingan masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan dakwah menurut perspektif islam. Terdapat beberapa temuan yang sesuai dengan sumber masalah penelitian yakni mengenai pola hidup konsumtif nelayan Desa Blimbing, nelayan mengkonsumi narkoba dan manajemen ekonomi tidak stabil. Peneliti bersama dengan stakeholder terkait seperti rukun nelayan (RN), PKK, pemilik kapal serta subyek dalam penelitian yakni keluarga ABK, disepakati akan mengadakan beberapa upaya peningkatkan ketrampilan, sosialisasi dan upaya penyadaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya kesadaran dari istri abk mengenai perubahan kegiatan menjadi produktif yakni dengan adanya pelatihan pengolahan ikan untuk membantu ekonomi keluarga, hasil pendataan dengan form sensus rumah tangga mengenai pendapatan serta pengeluaran mulai ada budaya menabung kelompok istri ABK, hasil monev dari ABK nelayan menunjukkan penurunan hutang selama 2x melaut dalam satu bulan hanya 7 ABK yang masih berhutang dari total subyek 35 ABK

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Nur Rahmat AinulB02219030@student.uinsby.ac.idB02219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masalah sosial
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pendampingan; pola hidup konsumtif; Anak Buah Kapal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Rahmat Ainul Yaqin
Date Deposited: 05 May 2023 06:46
Last Modified: 05 May 2023 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62000

Actions (login required)

View Item View Item