Kebijakan health security Korea Selatan dalam menghadapi polusi udara lintas batas dari China

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulfiya, Sulfiya (2023) Kebijakan health security Korea Selatan dalam menghadapi polusi udara lintas batas dari China. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulfiya_I92219094.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada saat suatu negara mengeluarkan polusi udara dan negara lain juga terkena dampaknya, maka negara yang terkena dampak tentunya akan merespon hal tersebut untuk melindungi negaranya. Karena adanya polusi udara dapat berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Seperti China yang merupakan negara penyumbang gas emisi rumah kaca terbesar dan peringkat pertama dalam konsumsi batu bara di dunia, maka emisi yang dihasilkan China dapat menyebar hingga ke Korea Selatan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan Health Security Korea Selatan dalam menghadapi polusi udara lintas batas dari China. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan kebijakan Health Security Korea Selatan dalam menghadapi polusi udara lintas batas dari China. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Korea Selatan telah melakukan strategi dalam mengatasi polusi lintas batas dari China. Strategi pertama yakni sistem pemantauan kabut asap melalui kebijakan peringatan debu WEA dan AIT. Kedua pemberian bantuan kepada negara pendonor asap melalui kebijakan memasang Environmentally Friendly Technology di wilayah pembangkit listrik tenaga batu bara di China. Ketiga meningkatkan kerja sama melalui kebijakan kerja sama Blue Sky Plan dengan China. Keempat mengurangi dampak kesehatan melalui kebijakan penguatan kualitas udara dalam ruangan. Dengan menggunakan keempat strategi dan kebijakan diatas, maka penelitian ini menggambarkan bahwa diperlukan kerja sama antar negara dalam meyelesaikan polusi udara lintas batas tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulfiya, Sulfiyasulfiya.hiuinsa@gmail.comI92219094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Hubungan Internasional
Kesehatan
Kesehatan

Lingkungan Hidup
Keywords: Health security Korea Selatan; polusi udara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Sulfiya Sulfiya
Date Deposited: 08 May 2023 04:50
Last Modified: 08 May 2023 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62017

Actions (login required)

View Item View Item