Analisis hukum islam terhadap jual beli dengan sistem tempo di CV AZ Transportasi Logistik Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Maratus (2023) Analisis hukum islam terhadap jual beli dengan sistem tempo di CV AZ Transportasi Logistik Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maratus Sholihah_C02218022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli dengan Sistem Tempo di CV AZ Transportasi Logistik Gresik” ini merupakan penelitian lapangan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana praktik jual beli dengan sistem tempo di CV AZ Transportasi Logistik Gresik dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli dengan sistem tempo di CV AZ Transportasi Logistik Gresik. Dari hasil analisis penulis menyimpulkan : (1) dalam transaksi jual beli dengan sistem tempo di CV AZ Transportasi Logistik Gresik yang menyediakan bahan-bahan kebutuhan pokok dan sembako. Di CV AZ Transportasi Logistik Gresik terdapat dua jenis tempo yaitu sistem tempo regular dan sistem tempo plus. Didalam sistem tempo regular dan plus terdapat peraturan mengenai penerapan biaya keterlambatan kepada pembeli yang terlambat membayar tagihan tempo mereka sebesar 0,5% perbulan. Dan adanya biaya administrasi yang dilakukan pada awal akad jika pembeli menggunakan jenis tempo plus sebesar 3% yang ditambah dengan total pembelanjaan. Untuk jangka waktu pembayarannya antara satu sampai dua minggu. (2) Menurut hukum Islam, praktik jual beli dengan sistem tempo di CV AZ Transportasi Logistik Gresik tidak sah atau batal. Karena terdapat rukun dan syaratnya yang tidak terpenuhi yaitu terdapat unsur ketidakrelaan dan keterpaksaan karena adanya biaya administrasi dan denda keterlambatan, terdapat ketidakjelasan kualitas karena tidak dideskripsikan secara jelas pada laman facebook penjual. Dan terdapat unsur gharar karena ketidakjelasan kualitas barang yang diperjualbelikan. Selain itu terdapat unsur riba karena adanya tambahan biaya saat melakukan transaksi jual beli. Dan tambahan yang ada pada transaksi jual beli dengan sistem tempo di CV AZ Transportasi Logistik Gresik tersebut dikatagorikan sebagai riba nasi’ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Maratusmaratussholihah329@gmail.comC02218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, Ifa Mutitulifachoiroh@gmail.com2030047902
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Jual Beli dengan Sistem Tempo
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Maratus Sholihah
Date Deposited: 09 May 2023 01:38
Last Modified: 09 May 2023 01:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62019

Actions (login required)

View Item View Item