Pemberdayaan tenaga penggerak PKK dalam peningkatan ekonomi BUMDes melalui inovasi pembuatan sabun cuci piring di Desa Sidokare Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Mya Dita (2023) Pemberdayaan tenaga penggerak PKK dalam peningkatan ekonomi BUMDes melalui inovasi pembuatan sabun cuci piring di Desa Sidokare Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mya Dita Wulandari_B72219067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan aset yang dimiliki oleh Desa Sidokare. Serta mengembangkan aset tersebut dengan melakukan pemberdayaan tenaga penggerak PKK dalam peningkatan ekonomi BUMDes melalui inovasi pembuatan sabun cuci piring di Desa Sidokare.Untuk mendeskripsikan kedua persoalan itu, peneliti menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) dimana fokus terhadap aset yang dimiliki oleh individu ibu-ibu PKK dan juga aset finansial yang dimiliki oleh Desa Sidokare.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok ibu-ibu PKK sudah bisa memanfaatkan aset yang ada, baik aset yang ada di Desa Sidokare maupun aset yang dimiliki oleh anggota ibu PKK. Dengan adanya penelitian ini ibu-ibu dapat menyadari bahwa dalam setiap diri individu memiliki aset yang bisa dimanfaatkan. Ibu-ibu PKK juga bisa lebih mandiri, meliputi kemandirian dalam bertindak, berfikir, dapat meningkatkan keterampilan, menumbuhkan kesadaran dan kemandirian dalam usaha, sekaligus memperluas lapangan pekerjaan guna meningkatkan pendapatan keluarga dalam usaha mencapai keluarga yang sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Mya Ditamyaditawulandri@gmail.comB72219067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Munirmunirmansyur@gmail.com2017035901
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; BUMdes; Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mya Dita Wulandari
Date Deposited: 08 May 2023 11:50
Last Modified: 08 May 2023 11:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62021

Actions (login required)

View Item View Item