Pemberdayaan kelompok dasa wisma rw 03 dalam Mewujudkan kemandirian pangan melalui Family Farming di Desa Ngariboyo Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umamah, Rosifatul (2023) Pemberdayaan kelompok dasa wisma rw 03 dalam Mewujudkan kemandirian pangan melalui Family Farming di Desa Ngariboyo Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosifatul Umamah_B02219036_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus dalam dua hal, yang pertama bagaimana strategi pemberdayaan kelompok Dasa Wisma RW 93 dalam mewujudkan kemandirian pangan melalui family farming. Kedua, berfokus pada hasil dari kegiatan pemberdayaan Dasa Wisma RW 03 dalam mewujudkan kemandirian pangan melalui family farming. Penelitian ini menggunakan pendekatan Aset Based Community Development (ABCD), yang dimana dalam proses aksinya menggunakan pengembangan aset dan potensi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tahapan pendekatan ABCD meliputi discovery, dream, design, define, dan destiny. Aset yang dikembangkan meliputi pemanfaatan lahan pekarangan, ketrampilan kelompok Dasa Wisma, dan aset organisasi. Kesimpulan penelitian ini adalah, strategi pemberdayaan yang dilakukan meliputi tiga program antara lain, edukasi dan pelatihan ketrampilan untuk mewujudkan kemandirian pangan melalui family farming, mengelola pekarangan dengan melakukan penanaman sayuran hidroponik, dan penguatan kapasitas kelembagaan kelompok Dasa Wisma RW 03. Hasil kegiatan pemberdayaan yakni munculnya nilai proses kemandirian pangan melalui perubahan pola pikir, terbangunnya visi misi, dan adanya komitmen bersama untuk membangun dasar-dasar untuk menuju kemandirian pangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umamah, Rosifatulrosifatul91@gmail.comB02219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan
Teknologi pangan
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kemandirian Pangan; Family Farming; Hidroponik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rosifatul Umamah
Date Deposited: 09 May 2023 02:07
Last Modified: 09 May 2023 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62026

Actions (login required)

View Item View Item