Strategi pengembangan sikap tasamuh santri pondok pesantren perumahan Al Hidayah di lingkup masyarakat heterogen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Andika Dwi (2023) Strategi pengembangan sikap tasamuh santri pondok pesantren perumahan Al Hidayah di lingkup masyarakat heterogen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andika Dwi Saputra_D91219099_Ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan sikap tasamuh / toleransi di Indonesia sangat penting untuk dilakukan. Karena mengacu kepada keadaan sosiologis masyarakat Indonesia yang mempunyai banyak macam keragaman perbedaan. Di Indonesia masih sering terjadi sikap intoleransi yang disebabkan oleh disintegrasi sosial. Sikap toleransi ini harus segera di kembangkan ke anak-anak. Agar kelak ketika dia tumbuh dewasa sudah memiliki karakter yang baik seperti hal nya memiliki karakter toleransi. Pengembangan sikap tasamuh ini akan dilakukan terhadap santri Pondok Pesantren Perumahan Al Hidayah. Di harapkan seluruh santri dapat mengaplikasikan sikap tasamuh tersebut ketika berkumpul dengan masyarakat langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan sikap tasamuh santri di lingkup masyarakat heterogen. Peneliti tertarik dengan fenomena yang ada di perumahan Krian Sejahtera Indah Regency. Karena peneliti meyakini belum pernah ada di suatu kumpulan masyarakat perumahan terdapat pondok pesantren. Peneliti menganggap bahwasannya penelitian ini memiliki unsur novelty / kebaharuan. Metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini berfokus pada kajian tentang sikap tasamuh / toleransi santri di lingkup masyarakat heterogen. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Hubermann dengan tahap kondensasi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Keadaan sosiologis masyarakat Perumahan Krian Sejahtera Indah Regency Krian dalam kategori aman. Terbukti dengan hingga saat ini belum pernah ada permasalahan disintegrasi sosial yang serius. (2) Strategi pengembangan sikap tasamuh santri Pondok Pesantren Perumahan Al Hidayah di lingkup masyarakat heterogen terbagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut: Keteladanan kyai, Kolaborasi Uswatun Hasanah, Pembelajaran kitab klasik, Internalisasi sikap tasamuh di setiap pembelajaran dan Amaliyah umum. (3) Tantangan yang dihadapi ketika mengembangkan sikap tasamuh santri Pondok Pesantren Perumahan Al Hidayah adalah kurangnya kepedulian orang tua terhadap perkembangan karakter anak. Setiap anak memiliki orang tua yang mempunyai latar belakang berbeda-beda. Ada orang tua yang memang memiliki latar belakang agamis. Ada pula orang tua yang tidak memiliki latar belakang agamis. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Andika Dwiandikaads2421@gmail.comD91219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Hukum Islam
Islam dan Humanisme
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pondok pesantren perumahan; sikap tasamuh; masyarakat heterogen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andika Dwi Saputra
Date Deposited: 17 May 2023 03:46
Last Modified: 17 May 2023 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62027

Actions (login required)

View Item View Item