Implementasi City Branding Pemerintah Kota Surabaya dalam menarik wWisatawan mancanegara pada Tahun 2016-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harahap, Ferdian Dzikri Ananda (2023) Implementasi City Branding Pemerintah Kota Surabaya dalam menarik wWisatawan mancanegara pada Tahun 2016-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferdian Dzikri Ananda Harahap_I02219012 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kota Surabaya sebelumnya hanya dikenal sebagai salah satu kota dengan pusat bisnis unggul di Indonesia. Namun, pada kenyataannya, kota ini memiliki keunggulan di bidang pariwisata. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tingginya jumlah wisatawan mancanegara pada tahun 2016 dan mengalami dinamika jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang berbeda pada tahun 2017,2018 hingga 2019. Dinamika tersebut menjadikan salah satu permasalahan terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang tidak stabil dan selalu mengalami perubahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui metode ini, peneliti menggambarkan bagaimana implementasi berupa upaya city branding yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya pada tahun 2016-2019. Berdasarkan hasil analisis SWOT, pada tahun 2016, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mengalami kenaikan. Salah satu aspek pendukungnya ialah anggaran Pemerintah Kota Surabaya yang memadai sehingga program yang diselenggarakan juga mampu mengundang dan menarik minat wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Kota Surabaya. Terdapat juga beberapa faktor lain yang berpengaruh terhadap minat wisatawan mancanegara seperti ketersediaan fasilitas pariwisata, keamanan lingkungan, potensi bisnis dan kerjasama yang dapat dikembangkan di Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harahap, Ferdian Dzikri Anandai02219012@student.uinsby.ac.idI02219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurika, Rizki RahmadiniUNSPECIFIED199003252018012001
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: City branding; pariwisata; wisatawan mancanegara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Ferdian Dzikri Ananda Harahap
Date Deposited: 05 May 2023 06:18
Last Modified: 05 May 2023 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62033

Actions (login required)

View Item View Item